5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Anda Tidak Tahu
5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Anda Tidak Tahu
by Anita Fitriany

Popularitas kopi saat ini terbilang eksis. Apalagi dengan banyaknya kedai kopi di setiap kota yang mampu menarik perhatian para penikmat kopi. Namun, tahukah Anda bahwa kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh? Ya, kopi yang dikonsumsi tanpa gula memiliki beberapa kandungan yang dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam kopi, selain memberikan dampak kesehatan pada tubuh, ternyata memberikan efek positif terhadap otak. Sebagian besar senyawa tersebut merupakan antioksidan dan beberapa nutrisi, seperti riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, serta magnesium.

Mengurangi Gangguan Fungsi Otak

Otak manusia berpotensi mengalami penurunan fungsi. Berbagai virus dengan mudah menyerang otak Anda. Demensia dan Alzheimer, misalnya. Keduanya merupakan penyakit yang menyebabkan daya ingat dan kemampuan berpikir manusia semakin menurun, sehingga dapat mempengaruhi terhadap perubahan perilaku dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun, penyakit tersebut masih bisa diperlambat dengan kandungan zat yang ada di dalam kopi, yaitu zat antioksidan dan senyawa antiradang yang mampu meminimalisir potensi peradangan terhadap sel otak. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Penyakit tersebut dapat mengganggu pergerakan tubuh dan tremor.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Tahun 2009, beberapa peneliti di Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Dalam penelitiannya yang dimasukkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine’, dinyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi memberikan manfaat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.

Kandungan klorogenik dan alkaloid trigonelin pada kopi dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Di samping itu, dalam mengonsumsi kopi dianjurkan untuk tidak menggunakan campuran gula, susu dan creamer.

Menjaga Kanker

Kandungan asam klorogenik, kafein, serta fitoestrogen pada kopi bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, seseorang yang kerap mengonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko kanker mulut, esophagus, serta kerongkongan yang lebih rendah.

Melindungi Organ Hati

Mengonsumsi kopi hitam dipercaya meningkatkan kerja pada organ hati dan menurunkan risiko terjadinya Kolangitis Sclerosing Primer yang dapat mengakibatkan Sirosis atau lebih dikenal dengan gagal hati. Di sisi lain, kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker hati dengan mengonsumsi kopi paling tidak tiga kali dalam sehari.

Mencegah Depresi

Beberapa peneliti dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi hingga tiga cangkir kopi dalam sehari, maka risiko depresi yang dialami 15 persen lebih rendah.

Selama ini, kopi diketahui sebagai salah satu sumber energi, sehingga dapat menahan rasa kantuk. Ternyata, tidak hanya itu, beberapa fakta kesehatan yang diberikan kopi hitam tersebut membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kopi hitam bisa menguntungkan tubuh. Selain nikmat, kopi juga menyehatkan ya, Gordian! 



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...