Seberapa Pentingkah Penggiling Kopi?
Seberapa Pentingkah Penggiling Kopi?
by Anita Fitriany

Memasuki era third wave di dunia kopi ini para peminum kopi tidak sekadar berbicara tentang meminumnya saja, mereka pun mulai bertanya tentang asal usul kopi, hingga tercipta pada seduhan kopi. Hal yang tidak terlewatkan untuk mencapai seruputan kopi adalah menggiling kopi.

Ketika Anda membeli kopi dalam bentuk biji kopi, maka hal yang paling utama yang perlu Anda miliki adalah penggiling kopi atau grinder. Ada beberapa tipe penggiling kopi berdasarkan tenaga penggeraknya, yaitu manual dan otomatis. Penggiling kopi pun juga memiliki jenis berbeda berdasarkan pisaunya. Ada yang pisau lurus (blade) dan pisau melingkar (burr). Keduanya akan menghasilkan bentuk gilingan yang berbeda. Namun tidak semua grinder diciptakan sama, ada beberapa hal penting tentang penggilingan kopi yang perlu Anda perhatikan.

Ubah Persepsi tentang Grinder

Konsep grinder memang hanya sebagai alat penggiling kopi. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa grinder pun memiliki beberapa jenis. Secara tenaga ada yang manual dan otomatis. Belum lagi ketika dibagi berdasarkan pisaunya, ada blade dan burr. Keduanya pernah kami ulas di blog kami juga. Hal ini jelas bahwa tidak semua grinder itu sama. Karena, hasil gilingan kopinya pun nanti akan berbeda.

Perhatikan Grind Size

Menggiling biji kopi memang tidak bisa sembarang. Di setiap ukuran gilingan atau grind size, nantinya akan merujuk pada metode penyeduhan apa yang cocok untuk menghasilkan rasa kopi yang tidak hambar. Adapun macam-macam grind size meliputi; extra coarse, coarse, medium coarse, medium, medium fine, fine, dan extra fine. Masing-masing memiliki metode penyeduhan (manual brew) tersendiri.

Tenaga (dan Kesabaran) Ekstra untuk Manual Grinder

Jika Anda menggunakan hand grinder dan menginginkan hasil kopi yang halus, maka Anda dapat menggunakan burr grinder. Mungkin Anda dapat menyiasatinya supaya tidak terlalu lelah ketika memutar handle-nya. Pertama, lakukan penggilingan yang kasar terlebih dahulu dengan memutar mur pada setelan grinder burr. Kemudian, Anda putar ke atas.

Ketika penggilingan pertama selesai, Anda lakukan penggilingan kedua dengan menurunkan mur yang ditarik keatas sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan jarak antara pemutar dengan burr semakin rapat. Dengan begitu, kopi yang dihasilkan pada gilingan pertama akan lebih halus.

Photo by Joshua Davis on Unsplash

Berbicara tentang penggiling kopi (grinder), Anda akan dihadapi dengan berbagai macam pilihan. Maka, berbagai macam pula harga yang ditawarkan. Semua kembali pada kebutuhan Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang memiliki mobilitas tinggi, Anda bisa memilih hand grinder yang mudah dibawa ke mana-mana. 


Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...