Resep Air ala Barista Hustle
Resep Air ala Barista Hustle
by Anita Fitriany

Apakah Anda ingin mencoba metode menyeduh kopi dengan resep air yang berbeda?

Perkenankan kami menyadur resep-resep meracik air langsung dari salah satu situs andalan kami; Barista Hustle.

Resep air dari Barista Hustle adalah panduan awal yang cukup berguna untuk membuat racikan air yang berbeda. Dengan meracik air sendiri, Anda memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan hasil akhir seduhan kopi yang lebih maksimal.

Tujuan dari artikel tersebut adalah agar kita bisa mendapatkan 2 konsentrat mineral (buffer dan magnesium) yang dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam air demineral (demineralised / distilled water). Dengan racikan ini, Anda dapat membuat beragam resep air untuk menyeduh dari konsentrat yang sama dengan kombinasi yang berbeda.

 

 

Di bawah ini adalah panduan untuk membuat konsentrat yang dibutuhkan.

Bahan-bahan:

Baking Soda - NaHCO3, Sodium Bikarbonat, Bicarb (bukan baking powder)

Epsom Salts - MgSO4, Magnesium Sulfat (jangan khawatir jika ada label “bukan untuk dimakan” atau “do not eat” pada kemasan. Kita akan menggunakannya dalam jumlah yang sangat kecil, diencerkan 1,000x dan airnya akan dimasak sampai mendidih)

Air demineral (Deionized/Distilled/Ultra-pure water) – yang paling umum dan mudah didapat di pasar Indonesia adalah Amidis dan Cleo.

Semua bahan di atas dapat Anda dapatkan  di supermarket atau di Shop kami.  

Peralatan:

Scales – dengan akurasi hingga 0.01g

3 buah wadah air - ukuran 1 liter dan disarankan terbuat dari bahan kaca serta bebas dari bau/residu

Pembuatan Konsentrat:

  • Larutkan 1.68g baking soda ke dalam 1 liter air demineral — ini adalah racikan "Buffer" Anda. Beri label “Buffer” dan sisihkan.

  • Larutkan 2.45g Epsom salts ke dalam 1 liter air demineral lainnya — ini adalah racikan “Magnesium” Anda, atau “total hardness.” Beri label “Magnesium” dan sisihkan.

Ini adalah panduan dasar untuk meracik resep air. Apabila Anda sudah menguasai metode peracikan air ini, Anda bisa bermain dengan kadar kalsium, sulfat, klorida dan bahkan mengontrol sendiri pH airnya.

 

Berikut ini adalah beberapa panduan resep air dari Barista Hustle.

Resep 1 - Melbourne

  • 11.5g Konsentrat Buffer
  • 23.7g Konsentrat Magnesium
  • 964.8g Air demineral

Resep ini sangat mendekati tipe air dari kota asalnya, Melbourne, Australia. Air ini sangat "lembut", memiliki kandungan mineral yang rendah, dan berguna untuk metode menyeduh kopi atau cupping dengan durasi waktu yang panjang; sekitar 5-10 menit. Resep ini juga berguna untuk kopi espresso dengan tingkat sangrai gelap (dark roast), yang tidak membutuhkan banyak bantuan untuk mengeluarkan rasa.


Resep 2 - WOC Budapest

  • 40.1g Konsentrat Buffer
  • 51.2g Konsentrat Magnesium
  • 908.7g Air demineral

Resep ini adalah acuan racikan air yang digunakan untuk World Brewers Cup di Budapest (51 mg/L total hardness sebagai CaCO3, dengan alkalinitas 40 mg/L). Di Budapest, total hardness biasanya berasal dari kalsium dan magnesium, yang akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda.


Resep 3 – SCA

  • 40.1g Konsentrat Buffer
  • 68.6g Konsentrat Magnesium
  • 891.3g Air demineral

Resep ini adalah spesifikasi air resmi dari SCA yang disadur langsung dari buku panduan SCAA tahun 2009. Mirip dengan resep Budapest, hanya saja pada resep ini total hardness sedikit naik.


Resep 4 – ala Barista Hustle

  • 40.1g Konsentrat Buffer
  • 80.7g Konsentrat Magnesium
  • 879.2g Air demineral

Ini adalah resep asli Barista Hustle — dimana semuanya bermula. Tambahkan ekstra 2.9gr konsentrat magnesium dan Anda akan berada di batas tertinggi dari yang direkomendasikan oleh SCA.


Resep 5 – Rao Water

  • 50.1g Konsentrat Buffer
  • 75.7g Konsentrat Magnesium
  • 874.2g Air demineral

Resep ini sangat mendekati dari air yang direkomendasikan oleh Scott Rao untuk menyeduh kopi dengan penuh rasa (flavourful) dan seimbang (balanced). Persentase untuk total hardness dan buffer sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan resep air SCA, dengan buffer yang sedikit lebih banyak dibandingkan resep dari Barista Hustle.


Resep 6 - Hendon Water

  • 30.8g Konsentrat Buffer
  • 99.9g Konsentrat Magnesium
  • 869.3g Air demineral

Resep ini mendekati zona seduh ideal ala Christopher Hendon dan Maxwell Colonna-Dashwood. Jika Anda cenderung ingin mengulik beberapa air untuk jenis sangrai yang baru, resep ini adalah panduan awal yang bagus.


Recipe 7 - Pretty Hard

  • 35.1g Konsentrat Buffer
  • 126.1g Konsentrat Magnesium
  • 838.9g Air demineral

Ini bisa disebut sebagai pendakian menuju air yang lebih “keras.” Resep ini mungkin lebih sesuai untuk espresso, atau untuk kopi seduh manual dengan waktu menyeduh yang singkat. Resep ini mengeluarkan banyak hal dari kopinya, sehingga cara kita menyeduh pun memerlukan beberapa penyesuaian. Air ini praktis mengeluarkan semua sari kopi yang ada. Jadi, ada baiknya Anda memperlambat atau bahkan mempercepat waktu penyeduhan dengan melakukan penyesuaian saat menggiling. Atau anda bisa memainkan berat akhir dari seduhan. Tergantung dari metode penyangraian, Anda akan menemukan sesuatu yang lezat pada kopi tersebut. Atau bisa jadi tidak sama sekali. :)


Resep 8 - Hard dot AF

  • 45.2g Konsentrat Buffer
  • 176.8g Konsentrat Magnesium
  • 778g Air demineral

Resep ini mencapai titik yang cukup tinggi dengan mendorong tingkat mineral pada level yang setara seperti halnya menaikkan amplifier sampai pada level 11. Parameter seduh dari resep air yang dijelaskan sebelumnya, perlu banyak diubah pada resep ini.

 

Itulah resep-resep air dari Barista Hustle.

Bagaimana hasil eksperimen Anda? Silahkan share di kolom komentar ini ya!

Bingung mencari bahan baku resep tersebut? Atau tidak punya waktu untuk meracik konsentratnya? Tenang, kami menyediakan paketan konsentrat Buffer beserta Magnesium yang memudahkan Anda untuk menggunakan air yang optimal.




Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...