Pengiriman gratis ke seluruh Indonesia

Espresso? Piccollo? Inilah Macam-Macam Cara Penyajian Kopi
Espresso? Piccollo? Inilah Macam-Macam Cara Penyajian Kopi
by Irawan Shopify Collaborator

Cara penyajian kopi sangatlah beragam. Setiap orang mempunyai preferensinya masing-masing sesuai dengan gaya hidup dan selera. Dengan banyaknya varian penyajian kopi, pernahkah Anda merasa bingung ketika melihat nama-nama minuman yang disajikan di sebuah kafe? Berikut ini beberapa varian penyajian kopi terpopuler di dunia yang mesti Anda tahu.

1. Espresso & Long Black


KOPI ESPRESSO DENGAN CREMA DI ATASNYA

Espresso adalah salah satu varian kopi terpopuler di dunia. Espresso adalah kopi yang diekstraksi menggunakan mesin. Gampangnya, cara kerja mesin tersebut adalah memberikan tekanan kepada kopi yang sudah digiling menggunakan air panas. Tekanan yang diberikan terhadap kopi tersebut adalah sekitar 9 bar (ingat satuan ini, dong?). Melalui kopi espresso, setiap penikmat kopi sejati bisa menikmati rasa asli dari biji kopi. Pasalnya, kopi espresso dibuat tanpa tambahan apa pun, seperti gula dan susu. Apabila espresso terlalu intens untuk anda, campurkan dengan air putih panas. Espresso dengan tambahan air panas ini biasa kita sebut sebagai long black.

2. Latte

 

DENGAN FOAM DI ATASNYA, MAKA BAGIAN PERMUKAAN LATTE DAPAT DIVARIASIKAN DENGAN LATTE ART

Latte adalah salah satu minuman kopi yang umum disukai oleh semua kalangan. Komposisi latte adalah espresso yang kemudian dicampur dengan susu yang sudah dipanaskan dengan uap, sehingga membentuk froth diatasnya. Banyak yang beranggapan bahwa rasa kopi menjadi berkurang dengan adanya susu. Nyatanya, interaksi Kopi dengan susu akan menciptakan ciri khas rasa tersendiri. Pernah minum latte yang rasanya mirip kolak pisang? Salah satu dari kami pernah! Dengan rasa nyaman yang diciptakan ketika minum latte, kopi ini menjadi pilihan favorit untuk bersantai di sore hari bersama kolega.

3. Cappuccino

 

CAPPUCCINO MEMILIKI FROTH YANG LEBIH TEBAL. SELAIN ITU, CAPPUCCINO BIASA JUGA DISAJIKAN DENGAN BUBUK COCOA DI PERMUKAANNYA

Salah satu ciri khas cappuccino terletak pada froth tebal yang menyelimuti permukaan kopi. Perbandingan komposisi penyusun cappuccino adalah sepertiga kopi espresso, sepertiga susu panas, dan sepertiga froth. Pada dasarnya, cappuccino adalah kopi susu seperti latte yang dijelaskan di atas. Perbedaanya, karena memiliki komposisi susu yang lebih sedikit dibandingkan latte, karakter rasa kopinya menjadi lebih kuat. Terkadang cappuccino disajikan dengan cocoa powder di atasnya, walaupun ini hanyalah tambahan, bukan karakteristik utama.

4. Flat White

 

FLAT WHITE ADALAH CARA PENYAJIAN KOPI KHAS AUSTRALIA DENGAN KOMPOSISI FROTH YANG PALING SEDIKIT

Nah, Flat White juga merupakan varian kopi susu yang cukup populer, terutama di Australia dan New Zealand, karena disanalah varian ini dicetuskan. Dengan komposisi foam yang sangat sangat sedikit, varian ini merupakan kopi susu yang paling milky dibandingkan yang lainnya. Apabila kamu ingin berlibur ke Australia di penghujung tahun ini, jangan lupa untuk memesan flat white di toko-toko kopi sana ya!

5. Moka (Mocha)

 

MOCHA ADALAH PERPADUAN SUSU, COKLAT, DAN KOPI. GAMBAR DIAMBIL DARI: CAFFECOFFEA.COM/CAFFE-MOCHA

Keunikan mocha adalah perpaduan coklat yang dicampurkan dengan espresso dengan susu. Orang-orang Eropa biasa menyebutnya dengan moccacino. Nama varian kopi ini sebenarnya berasal dari nama salah satu daerah di Yaman, yaitu Moka. Nah, Moka memiliki peranan penting dalam sejarah perdagangan kopi. Dalam blog Gordi mengenai varietal, kami juga sedikit membahas mengenai sejarah kopi dan signifikansi pelabuhan Mocha dalam perdagangan kopi. Temukan ceritanya di sini.

6. Piccolo Latte

 

PICCOLLO ADALAH MILK BASED DRINK DENGAN KOMPOSISI SUSU YANG SANGAT SEDIKIT DAN DISAJIKAN DALAM GELAS KECIL

Piccolo Latte adalah varian yang memiliki komposisi susu paling sedikit. Tidak seperti varian lainnya, piccolo disajikan di gelas kecil, seperti menyajikan espresso. Saat meminum piccolo, Anda dapat merasakan intensitas rasa kopi yang dibalut dengan sentuhan rasa susu yang lembut. Apabila Anda menginginkan mood santai yang didapatkan dari milk-based drink tapi ingin intensitas rasa kopi yang lebih banyak, mungkin inilah minuman yang cocok untuk Anda!

Rasa-rasa kopi yang berbeda bisa menjadi alternatif pilihan Anda di hari-hari berikutnya. Lalu, adakah varian penyajian kopi favorit Anda?




Also in Gordi Blog

5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...
Memilih Waktu Minum Kopi di Bulan Puasa
Memilih Waktu Minum Kopi di Bulan Puasa

Memasuki bulan puasa, beberapa penikmat kopi sulit menentukan waktu untuk menikmati kopi. Ada yang memilih sebelum batas waktu sahur, setelah berbuka puasa dan setelah tarawih atau di atas jam 9 malam. Namun, ternyata tidak semua...