Heirloom, Varietas Unik dari Ethiopia
Heirloom, Varietas Unik dari Ethiopia
by Anita Fitriany

Siapa yang tidak kenal Ethiopia? Negara bagian dari benua Afrika ini memang dikenal sebagai gizi buruknya, namun siapa yang menyangka bahwa Ethiopia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Seperti yang dilansir Liputan6.com, Ethiopia mampu menghasilkan sebanyak 370 ribu ton kopi pertahunnya. Tidak heran jika kopi Ethiopian kerap dijumpai di belahan dunia, hingga Indonesia.

Banyaknya varietas kopi yang tumbuh di negara-negara penghasil kopi, kita mengenal Gesha sebagai salah satu varietas biji kopi yang langka. Tumbuhnya pun tidak bisa diperkirakan rentan waktunya. Ketika mendengar Kopi Ethiopia, pernahkah Anda menemukan varietas Heirloom ketika membeli biji kopi Ethiopia?

Lalu, apa itu Varietas Heirloom?

Pada abad ke-19 terdapat dua varietas kopi Ethiopia yang dikenal secara umum, antara lain Abyssinia dan Harari. Kopi Harari kerap dikembangkan di kawasan Kota Harrar dan sengaja dikembangkan. Kemudian, untuk Kopi Abyssinia tumbuh liar di Ethiopia. Melihat fenomena tersebut, tak dapat dipungkiri jika Kopi Harari banyak diminati para penikmat kopi, karena memiliki rasa dan kualitas yang lebih bagus.

Zaman itu, Varietas Heirloom belum dikenal di wilayah Ethiopia. Tahun 1950-1980 Ethiopia mengalami pemberontakan yang berdampak pada produktivitas jumlah biji kopi yang menurun. Seiring dengan berjalannya waktu, pada 1991 dilakukan pembangunan di Ethiopia, termasuk perkebunan kopi mulai aktif kembali.

Para petani mulai menanam kopi di zaman itu. Terhitung sejak saat itu, mulai bermunculan varietas biji kopi, termasuk jenis Heirloom. Bersamaan dengan hal tersebut, organisasi yang menangani industri kopi pun didirikan. Hingga akhirnya, mereka mengakui bahwa Kopi Ethiopia menjadi kopi paling populer dan enak di dunia. Biji kopi varietas Heirloom ini disinyalir memiliki rasa yang unik, manis, fruity dan wangi herbal. Aroma yang muncul pada varietas ini dapat dikatakan jarang ditemukan pada varietas lainnya.

Jenis Heirloom ini sebenarnya bukanlah satu varietas biji kopi Ethiopia, melainkan perpaduan varietas kopi yang tumbuh secara liar di Ethiopia. Sebagaimana diketahui bahwa Ethiopia memiliki varietas kopi yang begitu banyak. Melihat adanya fakta tersebut, secara tersirat memberitahu bahwa di setiap wilayah penghasil kopi Ethiopia dapat menampung varietas uniknya sendiri. Artinya, semua varietas yang tidak dikenal oleh para petani kopi diberi nama sebagai varietas Heirloom.

Budidaya Varietas Heirloom di Ethiopia

Varietas Heirloom di Ethiopia terdapat di beberapa daerah :

  1. Limu

Kawasan ini salah satu penghasil kopi berkualitas di Ethiopia. Ditanam dari ketinggia 1400-2200 mdpl. Perkebunan kopi tersebut dikelola oleh petani yang tinggal di daerah tersebut. Budidaya Heirloom banyak dilakukan di daerah ini. Waktu panennya sekitar November hingga Januari.

  1. Sidamo

Hampir semua kopi yang ditanam di daerah ini diproses secara natural dan belum menggunakan teknologi modern, sehingga mendapati rasa buah yang begitu dominan. Biji kopi ditanam di ketinggian 1400-2200 mdpl. Waktu panennya mulai dari Oktober hingga Januari.

  1. Harrar

Harrar menjadi salah satu daerah penghasil kopi berkualitas di Ethiopia. Daerah ini merupakan daerah penghasil kopi tertua di Ethiopia. Cita rasanya lebih khas jika dibandingkan dengan rasa kopi Ethiopia Heirloom lainnya. Biji kopi tersebut ditanam di ketinggian 1500-2100 mdpl. Waktu panennya berkisar Oktober hingga Februari.

  1. Jima

Mendengar nama daerah ini beberapa masih jarang ada yang mengetahui. Padahal, perkebunannya sudah tertata dengan rapi, meskipun masih ada yang tertanam liar di dalam hutan. Budidaya kopi di daerah ini berada di ketinggian 1400-2200 mdpl. Waktu panennya berkisar November hingga Januari.

  1. Yirgacheffe

Kopi Yirgacheffe diolah dengan proses basah (full washed). Sehingga, dapat menghasilkan karakter rasa buah, aroma bunga yang begitu tajam, serta memiliki body yang ringan. Kopi ini sempat diklaim menjadi salah satu kopi Ethiopia terbaik. Bahkan, tiap tahunnya menjadi incaran kopi yang ditanam di Yirgacheffe ini. Kopi tersebut ditanam pada ketinggian 2200 mdpl. Penasaran? Anda bisa mendapatkan kopi dari daerah Yirgacheffe di website Gordi. Klik di sini untuk memesan dan melihat catatan rasanya, ya! 😊

Patut diakui bahwa perkembangan kopi di Ethiopia begitu cepat. Tak heran jika negara-negara di luar benua Afrika mengekspor kopi dari Ethiopia. Bagi para pecinta kopi harus mencicipi kopi ini, apalagi dengan biji kopi yang ditanam liar di hutan. Hampir di seluruh wilayah Ethiopia membudidayakan kopi varietas Heirloom. Untuk membedakan hasilnya dapat dilihat dari ketinggian tanaman, cuaca di masing-masing wilayah, kontur tanah, serta cara pengolahannya.

Bagi Anda penikmat kopi, jangan terlewatkan untuk mencicipi kopi varietas Heirloom asal Ethiopia ini. Beberapa mengatakan bahwa kopi ini terbilang jarang jual di Indonesia. Apalagi untuk membudidayakan, sulit sekali untuk memproduksinya lantaran perbedaan iklim.

Meski jarang, Gordian tak perlu khawatir. Karena, Gordi memiliki beberapa kopi Ethiopia varietas Heirloom ini, lho! Jangan lupa untuk mencicipi seduhan pertama dan ceritakan kesan secangkir Kopi Ethiopia Anda! 😊 




Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...