Kilas balik Jakarta Coffee Week 2018, Surganya Para Pecinta Kopi Nusantara dan Dunia
Kilas balik Jakarta Coffee Week 2018, Surganya Para Pecinta Kopi Nusantara dan Dunia
by Finia Putra

 

Tak terasa, satu pekan sudah terlewati sejak perhelatan terbesar para pecinta kopi di Indonesia, Jakarta Coffee Week 2018 atau Jacoweek, usai digelar. Bagi kami, acara tahunan ini selalu membawa cerita unik dan seru yang selalu berbekas di hati. 

Bagaimana tidak? Banyak sekali oleh-oleh cerita dan keseruan, diantara riuhnya suguhan kopi-kopi spesial selama tiga hari berturut-turut. 

Tahun ini, kami turut berpartisipasi dengan mengisi salah satu dari 125 tenants yang menempati area di Grand Ballroom Lt. 7 dari PIK Avenue Mall. Acara yang diselenggarakan mulai dari tanggal 28-30 September lalu, sukses menarik lebih dari 15 ribu pengunjung, yang kebanyakan sudah tentu adalah pecinta kopi seperti Anda! Buat kami, angka ini secara tidak langsung menunjukkan antusias dan dukungan yang besar dari para pecinta kopi di Indonesia. Luar biasa! 

Belajar dari Jacoweek tahun lalu (dan masukan dari para Gordians), tahun ini pun kami lebih banyak menyuguhkan aktivitas-aktivitas dan giveaway seru selain menambahkan variasi suguhan kopi-kopi yang dijual di booth Gordi. Selain ada public cupping setiap hari, diskon khusus untuk berlangganan kopi serta giveaway seru, kami juga membuka kelas mini: Gordi Brewing Experience, dimana Anda dapat latihan menyeduh kopi dengan 2 metode berbeda. Cukup dengan membayar Rp. 100.000,-, Gordians bisa mendapatkan private lesson langsung dari salah satu tim kurator kami, Monika Zendrato, yang juga merupakan salah satu semifinalis tingkat nasional di iBRC (Indonesia Brewers Championship) 2018. Seru ya? 

Untuk kami, tahun ini adalah tahunnya kolaborasi. Bukan hanya terlihat di booth tetangga kanan dan kiri, namun juga di booth kami sendiri. Tak tanggung-tanggung, kami berkolaborasi dengan 4 rumah sangrai dari negara tetangga untuk menyuguhkan Filter Bar Takeover selama 3 hari berturut-turut. Mereka adalah: Edition Coffee Roasters (Australia), Kapra Coffee Roasters (Brunei Darussalam), Collective Coffee Roasters (Malaysia) dan Upside Down Coffee Roasters (Singapura). Ada banyak ragam pilihan kopi-kopi Indonesia dan dunia pilihan terbaik dari tim kurator Gordi, yang kami sajikan di booth seperti Budhas Kafferosteri, Manhattan Coffee Roaster, Colonna, La Cabra, Homeground dan masih banyak lagi. Pendatang baru di kancah perkopian Indonesia pun turut serta memeriahkan booth kami yaitu Libertad Union dari Jakarta dan Drama Roastery dari Surabaya. Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan Tropic Thunder dengan menampilkan limited edition Aloha Shirt yang hanya bisa di pre-order selama Jacoweek berlangsung. Apakah Anda termasuk salah satu yang sempat memesan Aloha shirt gaul ini? ;) 

Yang menarik dari Jakarta Coffee Week tahun ini adalah hadirnya rumah sangrai dari Hong Kong, Cupping Room Coffee Roasters, yang turut meramaikan perhelatan kopi terbesar di Indonesia tahun ini. Dari kacamata subjektif kami, ini menunjukkan bahwa bertambahnya jumlah pecinta specialty coffee di Indonesia, seperti Anda, setiap tahunnya, membuka peluang besar bagi rumah sangrai lainnya di luar Indonesia. Dengan kompetisi yang semakin ketat ini, tak sedikit dari teman-teman sesama pelaku industri, yang kami lihat semakin gencar menunjukkan keunikannya masing-masing baik dari sisi branding maupun inovasi. Motherpigeons dengan Capsule-nya, Juno The Coffee Company dengan brandingnya (Bilbo Ebob The Cat), dan masih banyak lagi.

Hal serupa juga kami lakukan pada layanan berlangganan kopi kami yaitu Gordi Subscription. Sebagai layanan utama di Gordi, kami selalu dipacu untuk dapat berinovasi, serta konsisten memperkenalkan para pecinta kopi seperti Anda dengan beragam kopi-kopi berkualitas terbaik dari rumah sangrai mikro di Nusantara.  

Gegap gempita Jakarta Coffee Week kini sudah usai. Pertanyaan selanjutnya yang masih tersisa adalah: dapatkah semangat dan dedikasi ini terus berkelanjutan untuk setidaknya memberikan sedikit kontribusi bagi industri kopi di Indonesia? Semoga saja :)

Masih penasaran dengan kopi-kopi yang kami tampilkan di Jacoweek? Silakan klik di Gordi Shop, masih ada beberapa kopi dengan stok terbatas yang dapat Anda seduh di rumah/kantor.




Also in Gordi Blog

Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta
Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta

Saat mendengar Arabika dan Robusta, apa yang ada di benak Anda? Biasanya, kami akan mendapatkan jawaban seperti ini: “Arabika itu manis, Robusta itu pahit,” atau “Arabika itu harganya mahal, kalau Robusta lebih murah.”...

Pour Over, Immersion & Siphon. Apa bedanya ya?
Pour Over, Immersion & Siphon. Apa bedanya ya?

Pilihan alat seduhnya banyak. Setiap alat seduh akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda. Tambahan lagi, tingkat kesulitan dari masing-masing metode seduh juga beragam! Ada pour-over, immersion, dan ada pula hybrid. Nah, jadi baiknya pilih metode...

3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve
3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve

Kita semua tahu bahwa ekstraksi yang merata adalah faktor penting untuk mencapai potensi terbaik sebuah kopi yang kita seduh. Ada berbagai cara untuk memastikan ekstraksi yang ideal, salah satunya adalah ukuran giling yang seragam....