Mengulas Ulang Teknik Seduh French Press
Mengulas Ulang Teknik Seduh French Press
by Dimas Maulana

Siapa yang tidak pernah menggunakan french press, alat seduh ini digemari oleh banyak peminum kopi karena mudah digunakan, harganya terjangkau dan selalu menghasilkan persepsi body yang tebal.  

Sebelum beralih ke metode yang lain seperti pour over atau clever dripper, french press pun menjadi favorit saya. Namun kendala yang sering ditemui adalah ampas atau sisa partikel kopi yang masih juga ikut ke dalam cangkir meskipun sudah disaring menggunakan plunger. Ampas atau yang juga biasa disebut residu ini tentu saja tidak baik untuk berada di kopi Anda karena mereka tidak berhenti berekstraksi, alhasil seiring turunnya temperatur kopi Anda jadi semakin pahit.

Adalah James Hoffman, eks juara barista UK tahun 2003 dan pemilik kafe/roaster Square Mile Coffee, yang mencoba mengulas ulang metode ini. Tujuannya untuk membuktikan kalau dengan beberapa trik french press pun mampu menghasilkan kopi yang terasa clean, smooth dan tanpa ampas, layaknya sebuah pour over.

Tekniknya diadaptasi dari proses cupping dan membutuhkan kesabaran karena waktu seduhnya yang panjang. Apa saja hal yang harus dilakukan?

Ukuran Giling

Umumnya coarse atau kasar adalah ukuran giling yang direkomendasikan untuk french press. Namun untuk ekstraksi yang lebih baik coba giling dengan ukuran lebih halus dari biasanya namun tidak sehalus untuk pour over.

Floaters

Lakukan hal yang biasa Anda lakukan ketika menyeduh french press, dari mulai giling hingga menuang air ke kopinya. Setelah 4 menit  perhatikan kopi Anda, pasti akan muncul beberapa partikel yang mengambang di permukaan. Dengan menggunakan sendok pertama-tama aduk partikel tersebut perlahan-lahan lalu ambil semua partikel atau buih yang masih tersisa di permukaan hingga bersih dan buang.

Waktu Seduh

“4 menit lalu ditekan” itu rekomendasi teknik seduh french press yang pasti Anda temukan dimanapun. Namun kali ini coba tunggu 5 menit lagi sebelum menekan plunger. Tujuannya apa? untuk menunggu sampai semua partikel halus kopi benar-benar turun ke bagian dasar.

Plunger

Berbeda dengan teknik normal yang biasa dilakukan, jangan tekan plunger hingga ke dasar. Yang terjadi ketika Anda lakukan hal tersebut adalah malah mendorong udara ke tumpukan kopi yg sudah mengendap di bawah sehingga bergerak ke atas lagi.  Alhasil sedimen-sedimen halus akan melewati filter plunger Anda dan berakhir di cangkir. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah tekan hingga plunger di permukaan kopi saja dan tahan di posisi tersebut lalu tuang kopi ke cangkir.

 



Sudah coba teknik di atas? apakah hasilnya mengubah persepsi lama Anda mengenai french press?



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...