Mencicipi 2 Kopi Elegan Yang Berasal Dari 100% Varietas Bourbon dan Varietas Ateng
Mencicipi 2 Kopi Elegan Yang Berasal Dari 100% Varietas Bourbon dan Varietas Ateng
by Finia Putra

Ini dia persembahan spesial 2 kopi pilihan terbaik versi tim kurator Gordi pada pengiriman paket berlangganan kopi yang sudah dikirimkan minggu lalu. Untuk kopi Indonesia, pilihannya jatuh pada kopi dengan varietas Ateng dan untuk kopi internasional, pilihannya jatuh pada kopi yang 100% berasal dari varietas Bourbon. Kedua kopi terpilih ini disangrai oleh rumah sangrai yang sudah tidak asing lagi untuk para pecinta kopi tanah air: Two Hands Full dari Bandung dan Hungry Bird dari Bali. 

Adalah Rwanda Buf Remera yang disangrai oleh Hungry Bird dan Frinsa Ateng Super yang disangrai oleh Two Hands Full nama kedua kopi terpilih ini. Sebelum mengulik jauh seperti apa cita rasa kedua kopi ini, yuk simak sedikit cerita menarik dan unik dari masing-masing kopinya. 

Rwanda Buf Remera

Buf pada nama kopi ini berasal dari kepanjangan ‘Bufundu’, yaitu nama wilayah tempat stasiun pencuci (washing station) dimana kopi ini berada. Kopi ini berasal dari 100% varietas Bourbon merah dengan proses pasca panen fully-washed dan dikeringkan dibawah sinar matahari diatas raised beds. Kopi ini ditanam pada ketinggian 1.750 - 2.100 MASL. 

Foto kredit: hub.cropster.com

Buf Café didirikan pada tahun 2003 oleh Epiphanie Mukashyaka, seorang wanita pengusaha yang dinamis dan merupakan sumber inspirasi bagi pengusaha wanita lainnya di dunia kopi Rwanda. Saat ini, Buf Café dikelola oleh Epiphanie dan putranya, Samuel Muhirwa, yang sangat aktif mengambil peran dalam menjalankan dan memperluas bisnis kopinya.

Kualitas biji kopi adalah hal terpenting yang menjadi perhatian utama Epiphanie dan tim Buf Café. Mereka selalu memastikan bahwa buah ceri kopi yang dipetik hanyalah yang matang; lalu melalui proses pulping pada malam hari yang sama dengan menggunakan mechanical pulper. Setelah pulping, kopi akan difermentasi selama 12-18 jam dan kemudian disortir kembali dengan menggunakan saluran flotasi untuk menyortir kopi berdasarkan beratnya. Perkamen basah kemudian direndam dalam air selama 24 jam untuk menstabilkan kadar airnya.

Rwanda Buf Remera

Foto kredit: coffeehunter.com

Apa tasting notes yang akan Anda dapatkan? Kopi Rwanda Buf Remera yang berasal dari Nyamagabe ini akan memberikan cita rasa kopi yang elegan & manis, dengan kompleksitas rasa buah persik, karamel, dan aprikot dan aroma bunga.

Frinsa Ateng Super

Tahukah Anda kepanjangan dari varietas nama Ateng? Ya, ini adalah singkatan dari Aceh Tengah. Menurut sejarahnya, varietas ini memang pertama kali ditemui di daerah Aceh Tengah. Penamaan jenis varietas ini menurut kami juga agak unik karena ada relevansinya dengan batang pohon kopinya yang relatif lebih pendek, cabang ranting yang banyak, serta kemampuan untuk menghasilkan buah ceri kopi yang banyak dan dalam periode waktu yang cepat.

Frinsa Estate

Foto kredit: javafrinsaestate.com

Kopi ini berasal dari Ini berasal dari Frinsa Estate yang terletak di Jawa Barat. Perkebunan kopi ini memiliki luas sekitar 110 hektar dan terletak di ketinggian 1.300-1.600 MASL. Stasiun penggilingannya terletak pada ketinggian 1.400 mdpl yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan berventilasi baik dan dry mill. Infrastruktur yang lengkap seperti ini memungkinkan pemilik perkebunan untuk dapat mengontrol hasil kopi yang dihasilkan: mulai dari panen, proses pasca panen, pemilahan/sortir hingga pengiriman green beans. Kopi dengan varietas Ateng Super ini dipetik secara terpisah, dikeringkan, difermentasi, direndam dan dikeringkan di raised beds lalu dijemur lagi di teras. Wildan Mustofa adalah pemilik Frinsa Estate, yang merupakan salah satu produsen kopi dengan proses pasca panen fully-washed yang sangat menonjolkan kualitas tinggi terutama pada proses pengolahan dan pengeringan hasil produksi kopinya. Keunikan lainnya: kopi ini juga pernah dibeli oleh Nordic Approach lho!

Penasaran dengan tasting notesnya? Kopi ini balanced, dengan cita rasa kompleks, floral, dengan notes grapefruit dan candied red apple. Jika Anda menyeduhnya dengan sesuai, maka Anda akan menemukan wine-like finish. Cita rasa yang kaya dengan kecenderungan rasa buah-buahan. What a nice & smooth coffee!

Jangan sampai ketinggalan kopi-kopi unik lainnya yang hanya akan Anda dapatkan di Gordi Subscription. Mulailah berlangganan dari sekarang! :)




Also in Gordi Updates

Gordi Jalan-Jalan Eps 3: Mendem Irenk
Gordi Jalan-Jalan Eps 3: Mendem Irenk

Demi idealisme Anto dan tim Mendem Irenk untuk mengajak para pelanggan belajar tentang kopi ia rela tidak selalu menjual kopi hasil sangrainya sendiri yang dikenal dengan nama "Irenk Beans". Simak obrolan seru kami selengkapnya dengan...
Perpaduan Seduhan Kopi Istimewa dari Timur Indonesia dengan Afrika Tengah
Perpaduan Seduhan Kopi Istimewa dari Timur Indonesia dengan Afrika Tengah

Paket pengiriman kami kali ini, adalah salah satu dari sekian cerita yang layak untuk diangkat. Dan semoga saja, melalui medium ini kami dapat mengirimkan pesan lebih dari sekedar cita rasa yang Anda sesap. Kopi...
2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling
2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling

Pada beberapa kesempatan, mungkin Anda pernah meminta tolong teman, kerabat, atau anggota keluarga yang sedang bepergian untuk membelikan oleh-oleh biji kopi. Apalagi, kalau biji kopi tersebut jarang bisa ditemui di daerah tempat Anda tinggal....