Apa Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Punya Stok Kopi Berlebihan? Bekukan!

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Punya Stok Kopi Berlebihan? Bekukan!

Tidak bisa dipungkiri kalau belanja kopi memang menyenangkan. Melihat berbagai macam region dan membaca ragam flavor notes bisa membuat home brewers manapun jadi penasaran. Tanpa disadari akhirnya kita membeli berbagai biji kopi dan memiliki stok lebih banyak daripada yang kita butuhkan, padahal kita semua tahu kalau kesegaran kopi berkurang terus seiring umurnya yang semakin jauh dari tanggal sangrainya.

Lalu bagaimana mensiasati saat stok kopi di rumah menggunung? ada beberapa teori yang mengharamkan penyimpanan di kulkas karena akan membuat biji kopi cepat stale akibat terlalu lembab. Namun tahun lalu sebuah artikel di blog milik Michael Cameron (Barista Hustle) menuai banyak kontroversi. Dalam artikel berjudul “Freeze Beans Not Peas” ia berkesimpulan bahwa biji kopi yang dibekukan akan mampu mempertahankan rasanya bahkan selama lebih dari 6 bulan setelah tanggal sangrainya.

Tapi jangan langsung taruh kemasan biji kopi Anda di freezer. Trik yang ia lakukan adalah dengan menyimpan biji kopi ke dalam sebuah plastik tanpa oksigen sebelum dibekukan di freezer (bukan kulkas).

Apa teori di balik biji kopi beku ini? menurut sebuah makalah sains yang ditulis oleh Christopher Hendon (penulis buku Water for Coffee yang juga membantu penulisan artikel tersebut sebagai konsultan) temperatur biji kopi yang beku menyebabkan persebaran fines (serpihan-serpihan biji kopi yang terkecil) menjadi lebih menyempit. Selain itu kondisi biji yang beku tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur burr pada grinder, sehingga kopi yang dihasilkan juga lebih konsisten.

Image courtesy of Strive for Tone (Michael Cameron)

 

Bagaimana Anda bisa mempraktekan cara tersebut? Pertama-tama Anda harus membeli plastik food grade dan mesin vacuum seal. Keduanya sangat mudah didapatkan di toko-toko online. Apabila biji kopinya baru saja disangrai berikan waktu untuk resting, antara 7-10 hari setelah tanggal sangrai. Setelah itu pindahkan dari packaging aslinya dan masukkan ke plastik makanan kemudian vakum hingga tidak ada oksigen tersisa lalu masukkan ke dalam freezer.

As long as you follow some basic rules — rest your beans, vacuum seal or nitro flush, single dose and grind while frozen, using good quality input (beans, water, machinery, technique) — you too should benefit from freezing beans. - Michael Cameron

Pro tip: giling dalam keadaan beku, hanya keluarkan dari freezer sebelum digiling supaya tidak terjadi kondensasi. Jika ada sisa, seal ulang dan masukkan kembali ke freezer.

Jadi ketika nanti Anda mendapatkan biji kopi langka dari Black Package kami atau dihadiahkan Gesha oleh teman tidak perlu terburu-buru menghabiskannya. Coba metode preservasi di atas dan buktikan sendiri. Kalau dirasa repot tentu saja Anda bisa sumbangkan biji kopi Anda ke orang lain atau undang teman-teman ke rumah dan lakukan cupping bersama :)

Kami sendiri sudah mencobanya beberapa bulan terakhir dan meskipun belum memahami persis teori di balik makalahnya terbukti beans yang disimpan hingga beberapa bulan pun terasa freshly roasted. Ada yang sudah mencoba membekukan biji kopi dengan cara di atas? Share pengalaman Anda di bagian komentar ya. 

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.