2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling
2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling
by Dimas Maulana

Pada beberapa kesempatan, mungkin Anda pernah meminta tolong teman, kerabat, atau anggota keluarga yang sedang bepergian untuk membelikan oleh-oleh biji kopi. Apalagi, kalau biji kopi tersebut jarang bisa ditemui di daerah tempat Anda tinggal. Rasanya tak sabar sekali ingin mencicipinya, bukan? Namun, alih-alih datang dan membawa biji kopi yang utuh, mereka datang dengan biji kopi yang sudah digiling. Saat ini terjadi, Anda jadi bingung dan bertanya: 

Apa yang bisa saya lakukan saat menerima biji kopi yang sudah digiling?

Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? Jangan khawatir, karena sebenarnya ada 2 cara mudah untuk mengakalinya :)

Jadikan Sebagai Cold Brew

Cold brew adalah biji kopi yang sudah digiling dan direndam pada temperatur ruangan selama 12 jam atau lebih, yang kemudian disaring lagi sehingga tidak meninggalkan sisa-sisa bubuk dari kopi tersebut. Setelah disaring, hasil dari rendaman kopi ini didinginkan di kulkas. Saat hari sedang panas, cold brew bisa menyegarkan dahaga! :)

Dengan menggunakan rasio 1:10 hingga 1:12, berikut resep mudah membuat cold brew: 

  1. Siapkan botol berbahan kaca ukuran apa saja
  2. Masukkan biji kopi yang sudah digiling medium atau coarse ke dalam botol
  3. Tuang air dengan suhu ruangan ke dalam botol tersebut
  4. Pastikan seluruh bubuk kopi terendam hingga rata lalu aduk untuk beberapa saat
  5. Tutup botol dengan rapat dan biarkan selama 12 hingga 20 jam pada suhu ruangan atau bisa juga langsung ditaruh di dalam kulkas
  6. Setelah 12 hingga 20 jam, saring kopinya ke gelas/wadah lain dengan menggunakan paper filter agar tidak ada sisa-sisa bubuk kopi yang ikut.
  7. Cold brew sudah siap dinikmati!

Jadikan sebagai Coffee Ice Cube

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan biji kopi yang sudah digiling menjadi coffee ice cube atau es batu kopi. Cocok untuk dijadikan tambahan untuk minuman dingin. Atau, bisa pula Anda nikmati dengan mencampur es batu kopi ini dengan susu segar. Wah, menyegarkan dan enak sekali!

Mau coba? Caranya cukup mudah:

  1. Siapkan French Press dan masukkan biji kopi yang sudah digiling
  2. Seduh kopi dengan air mendidih menggunakan rasio 1:10
  3. Tunggu beberapa saat hingga kopi mencapai suhu ruangan
  4. Siapkan cetakan es, lalu tuangkan kopi ke dalamnya dan taruh di dalam freezer hingga beku
  5. Jika sudah membeku, ambil dan taruh beberapa ice cube ke dalam gelas sesuai selera dan tuang susu segar
  6. Kopi sudah bisa dinikmati! Untuk Anda yang suka rasa manis, bisa ditambahkan gula cair.

Semoga resep diatas dapat membantu Anda yang saat ini sedang memiliki permasalahan dengan biji kopi yang sudah digiling. Dua resep diatas akan jadi minuman yang menyegarkan saat panas terik menjelang :)

Jika Anda memiliki tips lain untuk memanfaatkan biji kopi yang sudah digiling, silakan bagikan resep tersebut di kolom komen ya. 




Also in Gordi Updates

Gordi Review: Breville Smart Grinder Pro
Gordi Review: Breville Smart Grinder Pro

Gordi Review kali ini akan membahas sebuah grinder atau mesin penggiling biji kopi yang memiliki peran cukup penting dalam menyeduh kopi. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat dikatakan cukup fundamental ketika kita memutuskan...
Gordi Jalan-Jalan Eps 4: Jakarta Coffee Week 2018
Gordi Jalan-Jalan Eps 4: Jakarta Coffee Week 2018

Perhelatan kopi terbesar telah usai dan tidak kelewatan Gordi pun berpartisipasi dengan berbeagai keseruan. Lihat betapa serunya di liputan jalan-jalan kami di expo yang dilaksanakan di PIK Avenue beberapa pekan yang lalu.
Mengulas Ulang Teknik Seduh French Press
Mengulas Ulang Teknik Seduh French Press

Siapa yang tidak pernah menggunakan french press, alat seduh ini digemari oleh banyak peminum kopi karena mudah digunakan, harganya terjangkau dan selalu menghasilkan persepsi body yang tebal. Namun bagaimana caranya supaya french press menghasilkan kopi...