2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling
2 Tips Untuk Menyiasati Biji Kopi Yang Sudah Digiling
by Dimas Maulana

Pada beberapa kesempatan, mungkin Anda pernah meminta tolong teman, kerabat, atau anggota keluarga yang sedang bepergian untuk membelikan oleh-oleh biji kopi. Apalagi, kalau biji kopi tersebut jarang bisa ditemui di daerah tempat Anda tinggal. Rasanya tak sabar sekali ingin mencicipinya, bukan? Namun, alih-alih datang dan membawa biji kopi yang utuh, mereka datang dengan biji kopi yang sudah digiling. Saat ini terjadi, Anda jadi bingung dan bertanya: 

Apa yang bisa saya lakukan saat menerima biji kopi yang sudah digiling?

Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? Jangan khawatir, karena sebenarnya ada 2 cara mudah untuk mengakalinya :)

Jadikan Sebagai Cold Brew

Cold brew adalah biji kopi yang sudah digiling dan direndam pada temperatur ruangan selama 12 jam atau lebih, yang kemudian disaring lagi sehingga tidak meninggalkan sisa-sisa bubuk dari kopi tersebut. Setelah disaring, hasil dari rendaman kopi ini didinginkan di kulkas. Saat hari sedang panas, cold brew bisa menyegarkan dahaga! :)

Dengan menggunakan rasio 1:10 hingga 1:12, berikut resep mudah membuat cold brew: 

  1. Siapkan botol berbahan kaca ukuran apa saja
  2. Masukkan biji kopi yang sudah digiling medium atau coarse ke dalam botol
  3. Tuang air dengan suhu ruangan ke dalam botol tersebut
  4. Pastikan seluruh bubuk kopi terendam hingga rata lalu aduk untuk beberapa saat
  5. Tutup botol dengan rapat dan biarkan selama 12 hingga 20 jam pada suhu ruangan atau bisa juga langsung ditaruh di dalam kulkas
  6. Setelah 12 hingga 20 jam, saring kopinya ke gelas/wadah lain dengan menggunakan paper filter agar tidak ada sisa-sisa bubuk kopi yang ikut.
  7. Cold brew sudah siap dinikmati!

Jadikan sebagai Coffee Ice Cube

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan biji kopi yang sudah digiling menjadi coffee ice cube atau es batu kopi. Cocok untuk dijadikan tambahan untuk minuman dingin. Atau, bisa pula Anda nikmati dengan mencampur es batu kopi ini dengan susu segar. Wah, menyegarkan dan enak sekali!

Mau coba? Caranya cukup mudah:

  1. Siapkan French Press dan masukkan biji kopi yang sudah digiling
  2. Seduh kopi dengan air mendidih menggunakan rasio 1:10
  3. Tunggu beberapa saat hingga kopi mencapai suhu ruangan
  4. Siapkan cetakan es, lalu tuangkan kopi ke dalamnya dan taruh di dalam freezer hingga beku
  5. Jika sudah membeku, ambil dan taruh beberapa ice cube ke dalam gelas sesuai selera dan tuang susu segar
  6. Kopi sudah bisa dinikmati! Untuk Anda yang suka rasa manis, bisa ditambahkan gula cair.

Semoga resep diatas dapat membantu Anda yang saat ini sedang memiliki permasalahan dengan biji kopi yang sudah digiling. Dua resep diatas akan jadi minuman yang menyegarkan saat panas terik menjelang :)

Jika Anda memiliki tips lain untuk memanfaatkan biji kopi yang sudah digiling, silakan bagikan resep tersebut di kolom komen ya. 



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...