3 Hal Simpel Untuk Seduhan Kopi Yang Lebih Nikmat
3 Hal Simpel Untuk Seduhan Kopi Yang Lebih Nikmat
by Dimas Maulana

Setelah mendapatkan biji kopi yang berkualitas dari penyangrai yang handal dan menggunakan air seduh yang benar hal terpenting selanjutnya adalah memastikan ekstraksi yang ideal ketika menyeduh. Kenapa begitu? karena seenak apapun biji kopinya ekstraksi yang buruk bisa menyebabkan rasa pahit (over extraction) atau asam yang berlebihan (under extraction). Ekstraksi terbaik adalah ekstraksi yang tidak tinggi tapi tidak pula rendah.

Image source: Barista Hustle

Grinder adalah komponen terpenting dalam usaha meraih ekstraksi yang terbaik. Menggunakan mesin giling yang berkualitas akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan ukuran giling kopi yang seragam juga. Lalu apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan di rumah untuk mendapatkan ekstraksi yang lebih baik tanpa harus merogoh kantong untuk membeli grinder mahal?

1. Aduk kopi pada saat preinfusion

Image source: Sample Coffee

Pernah melihat seorang barista yang sedang membuat pourover mengaduk kopinya? Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Scott Rao dan sudah banyak diadapatasi oleh brewers di dunia. Stirring promote even extraction, menurut penuturan Scott. Saat menyeduh dengan cara pourover (V60, Kalita, etc) coba aduk kopinya saat sedang melakukan preinfusion/prewetting./ Hal ini memastikan semua kopinya terekstraksi dengan rata. Ingin tahu bedanya? coba bandingkan antara yang tidak diaduk dengan diaduk.

2. Bermain resep

Ketika kita mencicipi rasa kopi yang belum optimal jangan pernah ragu untuk mengubah ukuran giling menjadi lebih halus dan gunakan lebih sedikit kopi per liter air. Coba cari kehalusan titik giling dimana rasa kopi yang dihasilkan menjadi semakin enak dan hanya berhenti ketika kopi yang diseduh menjadi pahit, di titik tersebut kembalikan ke setting kehalusan sebelumnya. Rasio kopi per liter air pun punya andil besar terhadap ekstraksi. Mulai mencari resep menggunakan rasio 1:15 dan coba turunkan rasio ke 1:14 atau bahkan 1:13 sampai menemukan titik tengah yang ideal.

3. Gunakan sifter


Hasil giling yang seragam adalah jalan terbaik untuk ekstraksi yang seimbang. Namun tentunya tidak ada grinder di dunia ini yang bisa menghasilkan partikel giling yang sama ratanya, bahkan EK43 sekalipun. Salah satu piranti yang bisa Anda lakukan agar hanya menyeduh kopi dengan ukuran giling yang seragam adalah menggunakan sifter seperti Kruve atau bahkan ayakan apapun yang ada di dapur Anda saat ini. Buang partikel yang tidak terayak dan coba seduh hanya menggunakan yang berhasil terayak. Ingat teknik ini tentunya akan membuat pemakaian kopi lebih boros, kalau Anda rela tentu saja tidak ada salahnya untuk dicoba. Simak review lengkap kami akan produk Kruve sifter.

Demikian hal-hal simpel yang Anda bisa coba untuk mengoptimalkan pengalaman seduh Anda sehari-hari. Ingin tahu lebih banyak tentang apa itu ekstraksi? baca artikel lebih lengkapnya disini.




Also in Gordi Blog

Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring
Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk menikmati kopi. Kenikmatan rasa ini biasanya berbanding lurus dengan teknik/metode apa yang digunakan untuk menyeduh kopinya. Bagi home brewers yang suka sekali mengulik kopi, metode/teknik tertentu termasuk saat menuangkan air,...
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder

Fungsi semua grinder (electric atau manual) sebenarnya sama: untuk menggiling biji kopi dan mengubahnya menjadi partikel yang lebih kecil sehingga Anda dapat menyeduh dan menikmati kopinya. Yang membuat pilihan membeli grinder lebih rumit adalah: pakai...

Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?

Pada umumnya, kebanyakan orang akan langsung memesan atau membuat secangkir kopi di pagi hari. Ada yang bilang mereka belum bisa fokus jika belum minum kopi bahkan ada juga yang merasa pusing jika tidak segera mencicipi kopi...