3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve
3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve
by Ridwan Gustomo

Kita semua tahu bahwa ekstraksi yang merata adalah faktor penting untuk mencapai potensi terbaik sebuah kopi yang kita seduh. Ada berbagai cara untuk memastikan ekstraksi yang ideal, salah satunya adalah ukuran giling yang seragam. Selain grinder yang bagus ada juga sifter yang berfungsi sebagai saringan kopi.

Gordi Review kali ini mencoba membahas Kruve Sifter, sebuah alat penyaring bubuk kopi yang merupakan sebuah inovasi upaya menyeragamkan ukuran partikel bubuk kopi. Tonton langsung videonya atau baca rangkumannya di bawah ini.



Hal pertama yang terpenting tentunya adalah ukuran saring. Sebelum membeli baiknya Anda tahu dulu metode seduh apa yang Anda gunakan sehingga Anda tahu berapa banyak ukuran saring yang dibutuhkan. Kruve sendiri menyediakan paket pilihan 2, 6 hingga 12 saringan mulai dari 200 micron sampai 1500 micron.

Waste atau sisa juga jadi hal yang patut Anda pikirkan. Siap-siap saja "membuang" banyak kopi yang dianggap tidak seragam, menurut eksperimen kami setidaknya 50% dari kopi yang Anda saring. 

Untuk sebuah alat yang tidak murah (dari 1,8 hingga diatas 2 juta Rupiah) tentunya skala prioritas jadi hal terpenting sebelum membeli. Kalau yang Anda cari adalah kepraktisan atau efisiensi waktu maka alat ini bukan untuk Anda. Namun kalau Anda punya rencana untuk mengikuti sebuah kompetisi brewing dimana Anda ingin mencari rasa terbaik sebuah kopi, apalagi bila Anda sudah memiliki alat pengukur TDS & ekstraksi, maka Kruve bisa jadi hal yang patut untuk dimiliki.

Tertarik untuk membeli Kruve? bisa cek langsung disini atau masih butuh bahan pertimbangan lain, maka baiknya baca juga review dari Cikopi disini.




Also in Gordi Blog

Panduan Origin Kopi: Afrika
Panduan Origin Kopi: Afrika

Untuk mayoritas penikmat kopi seduh manual, hal pertama yang dicari saat ingin mencoba kopi baru adalah: dari mana asal atau origin kopinya? Bagaimana caranya membedakan karakter rasa antara kopi Ethiopia dengan Rwanda? simak disini kenapa kopi...
Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta
Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta

Saat mendengar Arabika dan Robusta, apa yang ada di benak Anda? Biasanya, kami akan mendapatkan jawaban seperti ini: “Arabika itu manis, Robusta itu pahit,” atau “Arabika itu harganya mahal, kalau Robusta lebih murah.”...

Pour Over, Immersion & Siphon. Apa bedanya ya?
Pour Over, Immersion & Siphon. Apa bedanya ya?

Pilihan alat seduhnya banyak. Setiap alat seduh akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda. Tambahan lagi, tingkat kesulitan dari masing-masing metode seduh juga beragam! Ada pour-over, immersion, dan ada pula hybrid. Nah, jadi baiknya pilih metode...