3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve
3 Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Saringan Kopi Kruve
by Ridwan Gustomo

Kita semua tahu bahwa ekstraksi yang merata adalah faktor penting untuk mencapai potensi terbaik sebuah kopi yang kita seduh. Ada berbagai cara untuk memastikan ekstraksi yang ideal, salah satunya adalah ukuran giling yang seragam. Selain grinder yang bagus ada juga sifter yang berfungsi sebagai saringan kopi.

Gordi Review kali ini mencoba membahas Kruve Sifter, sebuah alat penyaring bubuk kopi yang merupakan sebuah inovasi upaya menyeragamkan ukuran partikel bubuk kopi. Tonton langsung videonya atau baca rangkumannya di bawah ini.



Hal pertama yang terpenting tentunya adalah ukuran saring. Sebelum membeli baiknya Anda tahu dulu metode seduh apa yang Anda gunakan sehingga Anda tahu berapa banyak ukuran saring yang dibutuhkan. Kruve sendiri menyediakan paket pilihan 2, 6 hingga 12 saringan mulai dari 200 micron sampai 1500 micron.

Waste atau sisa juga jadi hal yang patut Anda pikirkan. Siap-siap saja "membuang" banyak kopi yang dianggap tidak seragam, menurut eksperimen kami setidaknya 50% dari kopi yang Anda saring. 

Untuk sebuah alat yang tidak murah (dari 1,8 hingga diatas 2 juta Rupiah) tentunya skala prioritas jadi hal terpenting sebelum membeli. Kalau yang Anda cari adalah kepraktisan atau efisiensi waktu maka alat ini bukan untuk Anda. Namun kalau Anda punya rencana untuk mengikuti sebuah kompetisi brewing dimana Anda ingin mencari rasa terbaik sebuah kopi, apalagi bila Anda sudah memiliki alat pengukur TDS & ekstraksi, maka Kruve bisa jadi hal yang patut untuk dimiliki.

Tertarik untuk membeli Kruve? bisa cek langsung disini atau masih butuh bahan pertimbangan lain, maka baiknya baca juga review dari Cikopi disini.




Also in Gordi Blog

Mengidentifikasi Kopi Yang Defect Melalui Cupping
Mengidentifikasi Kopi Yang Defect Melalui Cupping

Pernahkah Anda melakukan cupping untuk membedakan kopi-kopi yang rusak (defect)? Apa yang menyebabkan kopi itu disebut defect, dan bagaimana kita dapat membedakan jenis-jenis rasa yang disebut sebagai rusak atau defect?
5 Alasan Untuk Berlangganan Kopi
5 Alasan Untuk Berlangganan Kopi

Pernah kehabisan kopi di rumah, padahal butuh caffeine kick sebelum berangkat ke kantor? Sering beli kopi di tempat langganan tapi bosan karena pilihannya itu-itu saja? Atau, malah bingung saat mau beli kopi, karena terlalu banyak pilihan?
The Golden Ratio: Seberapa Penting Rasio Air dan Kopi Dalam Menyeduh?
The Golden Ratio: Seberapa Penting Rasio Air dan Kopi Dalam Menyeduh?

Saat mulai menyeduh sendiri, pertanyaan biasanya akan mulai muncul, apalagi jika Anda sedang sering mengulik dan bereksperimen menyeduh kopi, sambil belajar beragam metode seduh, demi menemukan resep menyeduh yang cocok untuk lidah Anda. Secara...