Panama Gesha Juliette: Kopi Pilihan Black Package Yang Pertama di Tahun 2018

January 23, 2018 0 Comments

Panama Gesha Juliette: Kopi Pilihan Black Package Yang Pertama di Tahun 2018

Photo credit: Ninety Plus® Coffee

 

Di awal tahun 2018 ini, kami memulai perjalanan Black Package dengan kopi yang istimewa. Kopi ini ditanam dan dikembangkan di perkebunan Ninety Plus Gesha Estate yang terletak di Silla De Pando, Volcan, Panama. Silla de Pando adalah area penghubung antara Karibia dan Samudera Pasifik. Perkebunan kopi ini sudah berjalan sejak tahun 2007, dan sepertiga dari areanya merupakan kawasan hutan lindung yang terdiri dari air terjun, mata air, serta ribuan spesies flora dan fauna. Bunga honeysuckle banyak bertebaran di sepanjang perkebunan kopi ini.

Sejak awal berdiri, Ninety Plus Gesha Estate sangat serius perihal menangani tanaman kopi dan ekosistem penunjangnya. Hal ini terbukti dengan komitmen dan upaya mereka untuk terus berinovasi. Bukan hanya perihal memperbaiki model pertanian di daerahnya sehingga dapat menghasilkan kopi yang berkualitas, namun juga berkomitmen tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan menjaga ekosistim berkelanjutan. Hampir semua kopi yang mereka produksi memperoleh skor cupping tinggi serta banyak digunakan pada kompetisi World Barista Championships. Tahun lalu, kopi mereka yang bernama Panama Lot 227 ini berhasil mencapai angka lelang tertinggi dalam acara Lelang Kopi Gesha dengan nilai 97/100.

Untuk pengiriman Black Package kali ini, kami persembahkan: Panama Gesha Juliette dari Ninety Plus Coffee, hasil sangrai dari teman-teman di Simetri Coffee Roasters.

Panama Gesha Juliette yang ditanam pada ketinggian 1,350 – 1,800mdpl ini selanjutnya diproses secara natural saat pascapanen. Kopi ini digunakan oleh Jeremy Zhang pada ajang China Barista Championship di tahun 2013 dan berhasil menempati urutan ketiga. Tahun 2014, kopi ini pun berhasil menempati peringkat pertama.

Simetri Coffee Roasters menyediakan biji kopi lokal dan internasional yang telah diolah sesuai standar dengan fokus memaksimalkan potensi serta kompleksitas dari biji kopi itu sendiri. Khusus untuk Panama Gesha Juliette, Simetri menyatakan bahwa mereka hanya membeli 10kg biji kopi Juliette dari pasar lelang. Karena ketersediaan kopi ini cukup langka, Panama Gesha Juliette ini adalah batch terakhir yang dimiliki oleh Simetri Coffee Roasters.

Salah satu tantangan yang dimiliki teman-teman Simetri Coffee Roasters adalah bagaimana mereka dapat menjaga karakter kopi Gesha. Jika waktu sangrainya terlalu lama, karakter aslinya akan hilang. Jika terlalu singkat, akan menyebabkan karakter kopinya terlalu bright. Sebelum benar-benar menemukan profil rasa yang diinginkan, mereka sempat melakukan beberapa kali uji coba terhadap kopi ini. Selama proses penyangraian, mereka sangat berhati-hati menyesuaikan suhu di dalam alat sangrai. Kontrol ketat dilakukan ketika first crack. Setelah proses penyangraian, kopi disimpan dalam ruang penyimpanan dengan kondisi yang tidak terlalu lembab atau terlalu hangat.

Saat melakukan cupping terhadap kopi ini, kami menemukan aroma yang dihasilkan yaitu coklat, kacang mete, serta gula pasir. Sementara untuk acidity yang didapat yaitu jeruk mandarin. Karakter rasa yang dihasilkan pun seperti jeruk mandarin, coklat, serta kacang-kacangan. Body kopi ini cenderung juicy, dimana aftertaste yang dihasilkan seperti susu coklat.

Demikian sedikit cerita tentang kopi pertama Black Package di bulan Januari ini. Ingin merasakan pengalaman menyeduh yang lebih menantang? Black Package mungkin menjadi jawaban Anda :)




Also in Gordi Updates

Referensi Metode Pour-over Bagi Para Home Brewers
Referensi Metode Pour-over Bagi Para Home Brewers

February 23, 2018 0 Comments

Bagi Anda yang suka menyesap nikmatnya secangkir kopi, baik di kedai kopi maupun dibuatkan oleh teman, maka tidak ada salahnya jika Anda berpikiran untuk mulai menyeduh sendiri di rumah. Namun pertanyaan yang kerap timbul dalam benak adalah “Mulai dari mana ya?”, “Enaknya pake alat apa ya? V60? Kalita? Atau Chemex?”, atau “kalo pake Chemex rasanya bakal lebih keluar ngga ya?”. Nah sebelum jauh pertanyaan-pertanyaan tersebut berkembang menjadi stigma negatif, ada baiknya simak metode seduh atau Brewing Methods yang dapat digunakan bagi Anda yang suka menyeduh di rumah atau baru berniat menyeduh di rumah. 

Read More

Mesakada dan Colombia Huila Elver Males: Kopi Pengiriman Pertama di Februari 2018
Mesakada dan Colombia Huila Elver Males: Kopi Pengiriman Pertama di Februari 2018

February 15, 2018 0 Comments

Hello Gordians, bagaimana kabar Anda di awal Februari ini? Semoga kegiatan ngopi nya tidak terganggu ya meskipun mungkin aktivitas Anda sedang cukup padat. Seperti biasa, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kopi yang menjadi pilihan pengiriman Gordi pada 7 Februari lalu yaitu Mesakada yang disangrai oleh Juno The Coffee Company serta Colombia Huila Elver Males yang disangrai oleh Smoking Barrels. 

Read More

Indonesia Coffee Events 2018: Perhelatan Serta Ajang Kumpul Pecinta Kopi – Demi Kopi Kebanggaan Negeri
Indonesia Coffee Events 2018: Perhelatan Serta Ajang Kumpul Pecinta Kopi – Demi Kopi Kebanggaan Negeri

February 13, 2018 0 Comments

Tawa itu masih terdengar, senyum dan wajah-wajah ceria sesama pecinta kopi masih membekas di ingatan. Gemuruh sorak saat para pemenang diumumkan pun masih berdengung keras. Itulah sekelumit memori kami dari Indonesia Coffee Events – Eliminasi Wilayah Barat, yang merupakan perhelatan dan ajang berkumpulnya para pecinta kopi terbesar di Indonesia yang kali ini diadakan di Kuningan City Mall Jakarta selama 4 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 8-11 Februari.

Read More