Rwanda Gatare #67 & Aceh Pantan Musara Natural; Dua Kopi Pilihan Gordi di akhir bulan Maret 2018

Rwanda Gatare #67 & Aceh Pantan Musara Natural; Dua Kopi Pilihan Gordi di akhir bulan Maret 2018

Hai Gordians, apa kabarnya nih? Semoga di penghujung Maret ini Anda semua masih semangat untuk menjalani hari, ya! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas kopi pilihan tim kurator Gordi pilih untuk pengiriman ke-65 minggu lalu. Rwanda Gatare #67 dari Noah’s Barn dan Aceh Pantan Musara Natural dari Two Hands Full adalah kopi-kopi yang kami kirimkan kepada para Gordians. Yuk, kita kenalan lebih jauh dengan kopi-kopi ini.

Rwanda Gatare #67

Dari namanya, Anda pastinya sudah bisa menebak asal-muasal kopi ini. Ya, kopi ini berasal dari negara di bagian timur wilayah benua Afrika, yaitu Rwanda. Pemberian nama Gatare berasal dari tempat pengolahan kopi ini yang terletak di Distrik Nyamasheke, wilayah bagian barat Rwanda. Tempat pengolahan kopi ini juga terletak di dekat Nyungwe Forest, serta merupakan tempat pengolahan kopi tertua di Rwanda. Dibangun sejak tahun 2003, kopi yang diproses di tempat pengolahan ini berhasil meraih peringkat ke-6 di ajang Cup of Excellence pada tahun 2011 

Di tahun yang sama, tempat pengolahan kopi Gatare mengalami pergantian struktur organisasi karena adanya perubahan kepemilikan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan potensi yang ada pada kopinya serta mempertahankan kualitas kopi yang sudah memiliki standar yang baik. Saat itu, para petani kopi di wilayah ini cenderung belum memiliki konsistensi tinggi saat menanam kopi. Ketika musim panen, kopi dibawa menuju tempat pengolahan setelah disortir dengan hati-hati untuk memisahkan mana buah kopi yang belum matang atau bahkan terlalu matang.  

Kopi internasional ini kami dapatkan dari Noah’s Barn, salah satu roaster yang berdomisili di Bandung. Mereka menyatakan bahwa konsistensi dalam menjaga kualitas rasa kopi yang telah disangrai itu merupakan suatu keharusan. Hal itu terbukti dalam cara mereka menyangrai, dimana mereka selalu memperhatikan dan menjaga suhu sangrai, aliran udara, serta development time. Mereka merasa tertantang untuk mencari dan mencari keunikan serta karakteristik dari tiap biji kopi.  

Aceh Pantan Musara Natural

Kopi lokal ini datang dari sebuah rumah sangrai Two Hands Full yang juga terletak di Bandung. Cerita mengenai perkebunan kopi ini berawal kala tahun 2008, seseorang bernama Bapak Hamdan membeli 1 hektar kebun yang ia gunakan sebagai usaha di masa pensiunnya. Pada tahun 2011, Hendra, anak dari Pak Hamdan yang merupakan generasi kedua di keluarganya, memilih kembali ke tanah kelahirannya di Gayo setelah menyelesaikan studinya di Yogyakarta. Ia memutuskan untuk membantu keluarganya merawat perkebunan kopi tersebut. Hendra, merupakan sosok vital dibalik perkebunan keluarganya ini.  

Berbagai macam varietas campuran acak, seperti Catimor, Tim-Tim, P88, Abbsyinia, dan lainnya telah berhasil mengisi jajaran perkebunan keluarganya ini. Demi meningkatkan kualitas dan keseragaman hasil panen, buah kopi ceri awalnya dipisah sesuai tempat pengumpulan, dalam hal ini ketinggian tanaman. Kopi ceri yang dikumpulkan dari ketinggian yang sama akan diproses secara bersamaan juga. Hal inilah yang nantinya akan membantu menyeragamkan hasil panen; mulai dari ukuran buah ceri kopi yang sama hingga tingkat kelembapan yang sama pula.  

Two Hands Full, rumah sangrai yang terletak di Bandung ini menyatakan bahwa mereka selalu berusaha meningkatkan kualitas sangraian mereka. Hal ini mereka implementasikan dalam proses roasting. Kopi ini disangrai menggunakan mesin Diedrich yang memiliki kapasitas 1kg. Mereka sedikit menurunkan development time dari biasanya di titik 170 derajat, lalu atur kedalam titik panas tertinggi sesaat sebelum turning point untuk memberikan cukup energi selama proses penyangraian. Alhasil, super juicy cup, elegant smooth body, manis serta very clean hadir sebagai tasting notes yang dihasilkan oleh kopi ini 

Demikianlah ulasan mengenai dua kopi yang telah kami kirimkan untuk para pelanggan Gordi Subscription. Anda punya resep atau tips dan trik unik dalam menyeduh kopi? Silahkan tulis di kolom komentar ya! Penasaran dengan cara berlangganan kami? Silahkan klik link subscribe ini ya!

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.