Alat Seduh Kopi Apa Yang Cocok Untuk Saya?

Alat Seduh Kopi Apa Yang Cocok Untuk Saya?

June 19, 2016

Kami mendapatkan banyak pertanyaan soal menyeduh kopi. Yang paling banyak umumnya adalah pertanyaan seputar alat seduh mana yang cocok untuk digunakan. Biasanya, kami akan merujuk kembali kepada jenis karakter kopi seperti apa yang diinginkan. Jawaban yang sering kami dapatkan saat kami merujuk kepada hal tersebut adalah: "Saya ngga yakin."

Berikut panduan singkat yang menjabarkan tiga metode menyeduh kopi yang biasa kami gunakan di Gordi HQ. Kami juga menambahkan tingkat kesulitan, manfaat dan kekurangan, serta rasa yang dihasilkan.

1. Clever Dripper

 

Tingkat kesulitan: Mudah

Karena kemudahan penggunaannya, hampir setiap saat kami akan menyeduh dengan menggunakan alat seduh ini. Jika Anda adalah tipe yang multitasking dan tidak punya banyak waktu untuk menyeduh kopi (terutama saat di pagi hari, misalnya) alat seduh ini adalah pilihan paling praktis. Prinsipnya serupa dengan French Press: kopi yang sudah digiling, Anda tuangkan ke filter, lalu seduh dengan air hingga terendam dan diamkan selama kurang lebih 4 menit. Selama menunggu, Anda bisa melakukan hal lainnya seperti sarapan, menyiapkan sarapan untuk anak, atau membaca berita-berita terbaru di media sosial. 

Rasa yang dihasilkan: Full flavoured dan clear.

2. Hario V60

Tingkat kesulitan: Normal

V60 bisa dibilang adalah salah satu metode menyeduh yang paling dikenal oleh kalangan pecinta kopi. Jika dibandingkan dengan Clever Dripper, metode ini membutuhkan lebih banyak kesabaran dan eksperimen. Ada banyak variabel yang dapat dimainkan, agar Anda mendapatkan hasil kopi yang diinginkan; termasuk ukuran gilingan dan suhu air. Saat Anda menggunakan metode ini, bisa jadi Anda perlu melakukan beberapa percobaan trial & error untuk mendapatkan rasa kopi sesuai keinginan Anda. Ini adalah metode yang kami rekomendasikan jika Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan ritual menyeduh kopi, misalnya di akhir pekan. Percayalah pada kami, saat Anda telah mencapai cita rasa kopi yang diinginkan dengan metode seduh ini, Anda akan merasa luar biasa! :)

Rasa yang dihasilkan: Light, clear, dan bold. Akan mudah bagi Anda untuk dapat mengidentifikasikan beragam cita rasa yang keluar dari kopi yang diseduh. 

3. Aeropress

 

Foto kredit: Yuppie Chef

Tingkat kesulitan: Menengah

Menyenangkan untuk digunakan, mudah dibawa traveling, dan cukup trendy. Saat Anda membawa Aeropress ke acara kumpul-kumpul dengan teman, alat ini biasanya akan menjadi pusat perhatian. Alat seduh ini memungkinkan Anda untuk menyeduh kopi dengan dua metode yang berbeda. Keduanya melibatkan penerapan tekanan udara untuk mengekstrak rasa dari kopi yang diseduh.

Rasa yang dihasilkan: Clean, smooth, dan kompleks. Profil rasa yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung metode yang digunakan (inverted atau upright).

4. Burr Grinder

 

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami juga ingin mengingatkan Anda tentang pentingnya memiliki alat menggiling kopi di rumah. Anda bisa menjaga kesegaran kopi lebih lama dengan membeli biji kopi utuh dan menggilingnya sebelum menyeduh. Seiring dengan waktu, kopi bubuk akan kehilangan aromanya. Anda tidak ingin menyeduh kopi basi, bukan? Kami juga telah menyebutkan bahwa eksperimen juga penting saat menyeduh kopi. Dengan alat penggiling kopi, Anda dapat menyesuaikan setelan grind size sesuai yang dibutuhkan. Rekomendasi kami untuk kebutuhan di rumah, belilah burr grinder untuk mendapatkan ukuran gilingan yang konsisten.

Berikut adalah beberapa burr grinder yang menurut kami cocok untuk home brewers:

Hario Slim Hand Grinder 

Porlex Hand Grinder 

Latina Electric Grinder 

Baratza Encore 

Jadi, mana yang paling tepat untuk kebutuhan menyeduh Anda? Atau mungkin, Anda telah mencoba semuanya? Share di kolom komentar atau tag kami di Instagram.



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Updates

Menikmati Kopi Honduras La Chorrera dan Toraja Marendeng Marampa
Menikmati Kopi Honduras La Chorrera dan Toraja Marendeng Marampa

April 23, 2018

Untuk pengiriman Gordi Subscription minggu lalu, tim kurator kami memilih kopi yang berasal dari negara penghasil kopi terbesar No. 5 di dunia. Dapatkah Anda menebak dari negara mana? Kopi Indonesia yang kami pilih, memiliki nama selaras dengan lagu daerah di Sulawesi Selatan; sebuah ungkapan syukur atas berlimpahnya kekayaan alam di tanah tersebut.

Baca Lebih Lanjut

Resep Menyeduh Sidra: Varietal Langka dari Colon Merino Hasil Sangrai Cupping Room Hong Kong
Resep Menyeduh Sidra: Varietal Langka dari Colon Merino Hasil Sangrai Cupping Room Hong Kong

April 21, 2018 2 Comments

Mendapatkan banyak pujian dari pelaku industri kopi dunia sebagai varietas kopi langka yang unik dan innovatif karena memiliki perpaduan karakteristik antara Red Bourbon dan Typica. Kopi ini diprediksi akan menggantikan kedudukan Gesha yang selama ini lebih dikenal. Seperti apa karakter jenis kopi ini? Mengapa ia begitu istimewa?

Baca Lebih Lanjut

Inspirasi: Ibu Rahmah, Kartini Masa Kini di Dunia Kopi
Inspirasi: Ibu Rahmah, Kartini Masa Kini di Dunia Kopi

April 21, 2018

Perempuan ini hanya tamatan SMA. Namun, kiprahnya di industri kopi Indonesia sudah mendunia. Tanpa banyak bicara, beliau membuat jejak rekamnya sejak 20 tahun lalu di tanah Gayo. Hanya satu misinya: memberikan penghidupan yang lebih layak bagi para petani perempuan di tanah Gayo. Koperasi kopi dibawah kepemimpinannya, kini telah memiliki hampir 2.000 anggota petani dimana 40% adalah perempuan. Siapakah Kartini tangguh ini?

Baca Lebih Lanjut