Burundi Rutovu Kinogono Lot 2 dan Flores Bajawa; Kopi Pilihan Gordi di Pengiriman #63

Burundi Rutovu Kinogono Lot 2 dan Flores Bajawa; Kopi Pilihan Gordi di Pengiriman #63

February 28, 2018

Hi Gordians, bagaimana kabar Anda di pertengahan weekend ini? Semoga aktvitas pekerjaan tidak mengganggu kegiatan ngopinya ya. Untuk menemani Anda beraktivitas di minggu ini, kami akan mengulas kopi apa saja yang telah Gordi pilihkan untuk Anda di pengiriman 21 Februari kemarin. Untuk kopi internasional, kami memilih Burundi Rutovu Kinogono Lot 2 yang disangrai oleh Curious People serta untuk kopi lokalnya ada Flores Bajawa yang disangrai oleh Kopi Boutique. Penasaran seperti apa serba-serbi kopi tersebut? Simak ulasan berikut ya!


Burundi Rutovu Kinogono Lot 2


Dikembangkan di daerah Colline Rutovu, Burundi, kopi ini berasal dari tempat pengolahan kopi yang dikelola secara swasta. Tempat pengolahan ini dapat mengumpulkan hasil ceri kopi dari 3,000 petani yang berlokasi di sekeliling perbukitan tersebut. Nama “Colline” sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang artinya “Bukit”. Hal ini dikarenakan kontur di daerah tersebut merupakan hamparan perbukitan yang luas. Tumbuh di ketinggian 1,900mdpl, kopi yang merupakan proses basah ini termasuk dalam kategori varietas Bourbon. Ketika musim panen, kopi ceri dipetik menggunakan tangan lalu dikirim menuju tempat pengolahan untuk dicuci, difermentasi, lalu dikeringkan dalam bed kopi.


Curious People, yang merupakan sang penyangrai, menyatakan bahwa proses basah pada akhirnya dapat memproduksi aroma red raisin serta pedas, seperti kue raisin muffin, aroma gula vanili, teh hitam, apel, serta asam seperti jeruk sebagai tasting notes. Mereka memilih Burundi dari spesifik perkebunan ini dikarenakan sweetness serta clarity yang lebih muncul daripada hasil perkebunan lain. Tantangan yang mereka hadapi ketika menyangrai kopi ini adalah memastikan karakter sangrai tidak mengganggu clarity dari kopi tersebut. Namun, hal tersebut dapat dilalui oleh mereka tanpa halangan berarti. Berdiri sejak tahun 2012, rumah sangrai yang didirikan oleh Hideo Gunawan ini sangat memperhatikan green bean yang masuk untuk selanjutnya di sangrai. Proses penyimpanan pasca-sangrai pun sangat diperhatikan dengan menjaga suhu ruangannya tetap stabil serta segera mengirim kopinya sesegera mungkin.


Flores Bajawa


Jika sebelumnya kami sudah membahas kopi Internasional, maka kali ini kami akan membahas kopi lokal. Flores Bajawa ini berasal dari daerah Wawomuda, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tumbuh di ketinggian 1.200mdpl, kopi ini termasuk dalam kategori varietas Lini S. Pemilihan nama Bajawa sendiri berasal dari kata “Bhajawa” yang merupakan gabungan dari dua kata “Bha” yang berarti “piring” and “Jawa” yang berarti “perdamaian”. Tujuan dari dibentuknya dua gabungan kata tersebut adalah untuk menyatukan daerah di Flores menjadi satu kesatuan. Hal tersebut dikarenakan daerah ini dikaruniai tanah yang subur hingga mampu memproduksi karakter kopi yang kuat. Ketika kita berbicara mengenai proses pasca-panen, kopi ini mengaplikasikan metode full-washed.


Kopi Boutique yang menyangrai kopi ini menyatakan bahwa mereka menerapkan profil sangrai medium untuk mengulik biji kopi ini. Mereka selalu berusaha mengedepankan kualitas kopi yang mereka sangrai sebagai bentuk komitmen seperti yang tertuang dalam moto mereka yaitu “Great Products for Great People”. Mereka memiliki misi untuk dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang melalui produk yang inovatif. Sebagai hasilnya, hasil sangraian mereka dapat memproduksi medium sampai light body, bright, serta nutty sebagai tasting notes.

Itulah dua jenis kopi Internasional dan lokal yang kami pilihkan pada pengiriman ke-63 kemarin. Jangan lupa untuk tetap mengolah resep serta parameter agar dapat menghasilkan kopi sesuai yang Anda inginkan. Jika Anda menemukan resep yang pas, jangan lupa bagikan di kolom komentar, ya! Bagi Anda yang belum berlangganan kopi di Gordi, silahkan klik link subscribe. Bingung mau ambil paket yang mana? Tenang, akan ada penjelasan pada tiap paket yang tersedia sesuai kebutuhan ngopi Anda.



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Updates

Menikmati Kopi Honduras La Chorrera dan Toraja Marendeng Marampa
Menikmati Kopi Honduras La Chorrera dan Toraja Marendeng Marampa

April 23, 2018

Untuk pengiriman Gordi Subscription minggu lalu, tim kurator kami memilih kopi yang berasal dari negara penghasil kopi terbesar No. 5 di dunia. Dapatkah Anda menebak dari negara mana? Kopi Indonesia yang kami pilih, memiliki nama selaras dengan lagu daerah di Sulawesi Selatan; sebuah ungkapan syukur atas berlimpahnya kekayaan alam di tanah tersebut.

Baca Lebih Lanjut

Resep Menyeduh Sidra: Varietal Langka dari Colon Merino Hasil Sangrai Cupping Room Hong Kong
Resep Menyeduh Sidra: Varietal Langka dari Colon Merino Hasil Sangrai Cupping Room Hong Kong

April 21, 2018 2 Comments

Mendapatkan banyak pujian dari pelaku industri kopi dunia sebagai varietas kopi langka yang unik dan innovatif karena memiliki perpaduan karakteristik antara Red Bourbon dan Typica. Kopi ini diprediksi akan menggantikan kedudukan Gesha yang selama ini lebih dikenal. Seperti apa karakter jenis kopi ini? Mengapa ia begitu istimewa?

Baca Lebih Lanjut

Inspirasi: Ibu Rahmah, Kartini Masa Kini di Dunia Kopi
Inspirasi: Ibu Rahmah, Kartini Masa Kini di Dunia Kopi

April 21, 2018

Perempuan ini hanya tamatan SMA. Namun, kiprahnya di industri kopi Indonesia sudah mendunia. Tanpa banyak bicara, beliau membuat jejak rekamnya sejak 20 tahun lalu di tanah Gayo. Hanya satu misinya: memberikan penghidupan yang lebih layak bagi para petani perempuan di tanah Gayo. Koperasi kopi dibawah kepemimpinannya, kini telah memiliki hampir 2.000 anggota petani dimana 40% adalah perempuan. Siapakah Kartini tangguh ini?

Baca Lebih Lanjut