Referensi Metode Full-Immersion Bagi Para Home Brewers
Referensi Metode Full-Immersion Bagi Para Home Brewers
by Shaby Hanifa

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai metode seduh filter/pour-over apa yang dapat Anda gunakan dalam manual brewing, kali ini kami akan membahas metode full-immersion apa saja yang dapat digunakan dalam manual brewing. Metode full-immersion sendiri merupakan metode dimana bubuk kopi “direndam” bersama dengan air dalam waktu tertentu.

Apa yang membedakannya dari metode filter/pour-over? Mari kita praktikkan analogi berikut:

Siapkan dua spons/busa untuk mencuci piring, lalu tuangkan sabun pencuci piring berwarna kontras (misal spons berwarna kuning, maka gunakan sabun berwarna hijau atau merah). Setelah itu, cobalah untuk menyiram spons/busa tersebut dengan air mengalir dan amati apa yang terjadi. Lalu, gunakan spons kedua dan tuang sabun pencuci piring seperti tadi dan cobalah untuk merendamnya di air selama beberapa waktu.

Amati apa yang terjadi pada spons kedua ini?

Kita akan melihat bahwa spons yang diberikan air mengalir lama kelamaan menjadi bersih kembali tanpa meninggalkan bercak sabun. Lalu, perhatikan saat spons kedua direndam bersama air untuk beberapa waktu. Meskipun, sabun yang berada dalam spons tersebut mulai hilang, namun tidak akan bisa hilang sepenuhnya. Hal tersebut dikarenakan air yang terendam tidak segera terbuang, sementara spons pertama selalu mendapatkan suplai air yang selalu baru.

Dari analogi diatas, dapat disimpulkan bahwa metode filter/pour-over memberikan air yang selalu baru dalam proses ekstraksinya, sementara metode full-immersion menggunakan air yang sama dalam proses ekstraksinya. Hal ini menandakan bahwa tiap metode punya keunggulan masing2, tinggal bagaimana kita menyesuaikan parameternya saja. Kali ini, kami merekomendasikan tiga alat seduh full-immersion yaitu Clever Dripper, Aeropress, serta French Press.

Clever Dripper

Alat ini dapat disebut sebagai salah satu revolusi dalam menyeduh kopi. Hal ini karena Clever Dripper menggunakan mekanisme yang unik. Meskipun terlihat hampir sama dengan alat seduh filter/pour-over namun perbedaannya terletak pada desain untuk menahan air agar tidak tumpah. Mekanisme penahan air ini baru akan terbuka jika bersentuhan dengan bibir server atau gelas kopi. Alat seduh ini dikategorikan sebagai full-immersion karena proses percampuran bubuk kopi dengan air yang perlu didiamkan selama beberapa waktu tertentu. Harganya yang bisa dibilang cukup terjangkau, ringan dan praktis untuk dibawa bepergian, serta bahan yang terbuat dari plastik yang bebas dari zat BPA membuat alat ini menjadi pilihan tepat bagi para home brewers. Tidak sampai disitu, proses seduh alat yang tergolong mudah ini dapat memproduksi rasa kopi yang clean serta terekstraksi dengan baik. Tertarik untuk meminangnya? Kunjungi laman shop kami ya!

French Press

Alat ini merupakan alat seduh kopi yang dapat dikatakan klasik serta cukup dikenal oleh masyarakat luas. Terbuat dari bahan kaca atau gelas alumunium serta plunger berjaring yang berfungsi memisahkan bubuk kopi dengan air. Kami merekomendasikan French Press karena alat ini dapat memproduksi kopi dengan body yang kuat, menggunakan filter besi yang tidak menyerap minyak dibandingkan dengan filter berbahan kertas yang menyerap minyak yang terkandung dalam kopi. Apabila Anda penyuka kopi dengan profil sangrai yang gelap, maka Alat ini cocok untuk Anda pakai untuk menyeduh. Kopi-kopi yang berasal dari Sumatra, Mexico, serta Brazil. 

Aeropress

Alat ini dapat dikatakan alat seduh yang tidak konvensional. Terinspirasi dari model alat seduh French Press, desain yang dimiliki Aeropress pun hampir sama mekanisme nya, hanya saja alat ini memiliki plunger yang terbuat dari plastic. Dirancang oleh produsen flying discs, kesuksesan alat ini sebenarnya tidak terduga. Namun, nyatanya hasil yang didapatkan dari alat seduh ini begitu menakjubkan. Terbuat dari bahan plastik ringan yang bebas dari zat BPA membuat alat ini mudah dibawa bepergian. Hal unik yang bisa anda coba adalah mengubah parameter seduhnya, salah satunya dengan mengganti filternya. Jika Anda membeli alat ini maka otomatis akan mendapatkan filter berbahan kertas. Namun, apabila Anda ingin menambahkan nuansa full-bodied cup, maka tidak ada salahnya jika mencoba filter berbahan dasar stainless-steel yang didesain khusus untuk Aeropress. Keunggulan filter ini adalah dapat digunakan berkali-kali bahkan sampai beberapa tahun. Metode ini dapat mengeluarkan karakter rasa kopi yang bright karena waktu penyeduhan yang tergolong cukup singkat. Jika Anda penyuka kopi bright seperti Kenya, Ethiopia, Panama, Costa Rica, serta Papua Nugini.

Jika kita berbicara mengenai metode seduh apa yang paling pas agar dapat menghasilkan seduhan kopi yang enak? Jawabannya akan menjadi sangat relatif. Karena, selera serta preferensi tiap personal sangat berbeda. Maka, pilihannya selalu kembali pada kita. Terlepas dari apapun metode seduhnya, jika kita berhasil mendapatkan karakter rasa kopi yang maksimal, menyeduh pun akan menjadi kegiatan dan ritual yang menyenangkan. 

Untuk Anda yang ingin mulai menyeduh sendiri, di Gordi Shop kini tersedia Kalita Wave dan Clever Dripper. Produk-produk ini bisa Anda dapatkan tanpa tambahan biaya pengiriman, khusus jika Anda berdomisili di Jakarta. Selamat menyeduh! 



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...