#futureofcoffee, Kampanye untuk Masa Depan Industri Kopi Dunia
#futureofcoffee, Kampanye untuk Masa Depan Industri Kopi Dunia
by Irawan Shopify Collaborator

Di hari kopi dunia ini, kami ingin membahas sedikit mengenai masa depan dari industri kopi.
Dua organisasi non-profit ternama di industri kopi, Specialty Coffee Association (SCA) dan World Coffee Research (WCR), tahun ini bekerja sama untuk mendukung program dari WCR dan menyebut kampanye mereka sebagai #futureofcoffee.

1. Sebuah studi baru memproyeksikan pengurangan secara dramatis lahan yang layak untuk produksi kopi.
Kopi sebagai tanaman pertanian sedang menghadapi krisis eksistensial kata Direktur Eksekutif SCA, Ric Rhinehart.
Sebuah studi yang dilakukan oleh World Coffee Research menunjukkan bahwa akan ada pengurangan sebanyak 50% lahan yang layak untuk produksi kopi Arabika pada tahun 2050. Pengurangan secara dramatis ini di Brasil akan memiliki dampak untuk kondisi ekonomi global, mengingat mereka adalah negara penghasil kopi terbesar di dunia.
Indonesia mungkin cocok untuk area pengembangan dalam 35 tahun ke depan karena suhu musim yang konstan.

2. Svalbard Global Seed Vault


Gambar apakah ini?

Bukan, itu bukan sarang penjahat James Bond.
Hal ini dikenal sebagai The Doomsday Vault
Ini adalah Svalbard Global Seed Vault.
Bank gen (konservasi ex-situ) dunia memiliki sifat yang rentan, oleh karena itu maka dibuatlah Svalbard Global Seed Vault sebagai fasilitas penyimpanan cadangan (backup) atau sebagai duplikat dari sampel koleksi benih tanaman di dunia. Permafrost dan lapisan batu tebal memastikan bahwa sampel benih tetap beku meski tanpa sumber tenaga. Fasilitas penyimpanan ini adalah jaminan untuk persediaan makanan dunia, dan menawarkan solusi bagi generasi mendatang untuk menghadapi tantangan perubahan iklim dan juga pertumbuhan penduduk. Fasilitas ini akan mengamankan jutaan benih dari setiap varietas tanaman penting yang ada di dunia saat ini selama berabad-abad; fasilitas ini adalah sebuah cadangan terakhir bagi jutaan benih ini.

3. Program World Coffee Research (WCR)
Saat ini industri kopi menghadapi dua ancaman utama, perubahan iklim dan kurangnya keanekaragaman genetik kopi.
World Coffee Research (WCR) telah bekerja sama dengan Global Crop Diversity Trust untuk mengembangkan strategi konservasi kopi global demi keanekaragaman kopi. Apakah kita masih ingin memiliki industri kopi dalam 100 tahun kedepan? Jika demikian, maka kita perlu melakukan ini. kata Hanna Neuschwander dari WCR.
Dibutuhkan usulan rencana untuk sebuah kolaborasi multi-nasional demi melindungi dan memperbaiki bank gen kopi dan juga untuk mendukung keanekaragaman genetik kopi.
WCR juga telah memberikan hasil yang mengesankan. Dalam 5 tahun, mereka telah menciptakan 46 varietas kopi baru yang sedang dalam tahap pengembangan, dua tempat pengembangbiakan global dan sebuah jaringan penelitian internasional yang didirikan dengan tujuan untuk riset ketahanan iklim dan berbagai tes lainnya.

references:

https://dailycoffeenews.com/2017/09/26/sca-and-world-coffee-research-partner-for-international-coffee-day-campaign/
https://dailycoffeenews.com/2015/10/27/new-study-maps-dramatic-projected-decreases-in-suitable-coffee-land/
https://www.futureof.coffee/learnmore/
www.croptrust.org



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...