Kopi Pilihan Gordi 19 April 2017
Kopi Pilihan Gordi 19 April 2017
by Irawan Shopify Collaborator

Dua kopi pilihan untuk para Gordians di pengiriman tanggal 19 April 2017 adalah Toraja Buntu Pepasan yang disangrai oleh Kopikina dan Ethiopia Guji Uraga dari Dryve Coffee. Simak cerita di balik kedua kopi tersebut dan bagaimana cara kami di Gordi HQ menikmatinya.

Kopi Toraja Buntu Pepasan

Buntu Pepasan merupakan sebuah nama kecamatan di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Menurut informasi yang tertera di laman Kopikina, perkebunan kopi di wilayah ini berada pada ketinggian 1600-1900 mdpl dan sebagian besar kopi yang ditanam di wilayah tersebut merupakan kopi arabika dari varietas Lini S 795. Dengan kombinasi elevasi yang sangat tinggi dan tanah vulkanis, Buntu Pepasan memiliki potensi untuk menghasilkan kopi yang sangat istimewa.

Kami di Gordi HQ menemukan rasa bebuahan tropis, serai, dan kayu manis ketika menyeduh kopi Toraja Buntu Pepasan menggunakan resep berikut ini:

  • Alat seduh     : V60
  • Skala giling   : Medium
  • Rasio              : 1:15 (kopi : air)
  • Suhu air         : 96°C
  • Waktu seduh: 2 menit

Kopi Ethiopia Guji Uraga

Tercermin dari namanya, kopi kedua yang bisa ditemukan di dalam box Gordi (bagi pelanggan Premium) berasal dari daerah perkebunan kopi di zona Guji, Ethiopia. Kopi yang disangrai oleh Dryve Coffee ini ditanam di ketinggian yang berkisar dari 1900 2200 mdpl. Diproses dengan metode fully washed oleh sebuah koperasi di kota kecil bernama Uraga yang terletak di zona Guji.

Aroma floral yang menyenangkan dilanjutkan dengan rasa jeruk mandarin yang muncul ketika kopi disesap kami dapatkan dengan resep seduh berikut:

  • Alat seduh     : V60
  • Skala giling   : Medium
  • Rasio              : 1:15 (kopi : air)
  • Suhu air         : 96°C
  • Waktu seduh: 2 menit 15 detik

Kamu punya cerita yang bisa dibagi ketika menikmati kopi ini? Tuliskan ceritamu atau resep seduh andalanmu di kolom komentar di bawah ini.

Yuk, ngopi!



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...