Indonesia Coffee Events 2018: Perhelatan Serta Ajang Kumpul Pecinta Kopi – Demi Kopi Kebanggaan Negeri

Indonesia Coffee Events 2018: Perhelatan Serta Ajang Kumpul Pecinta Kopi – Demi Kopi Kebanggaan Negeri

February 13, 2018

Tawa itu masih terdengar, senyum dan wajah-wajah ceria sesama pecinta kopi masih membekas di ingatan. Gemuruh sorak saat para pemenang diumumkan pun masih berdengung keras.

Itulah sekelumit memori kami dari Indonesia Coffee Events – Eliminasi Wilayah Barat, yang merupakan perhelatan dan ajang berkumpulnya para pecinta kopi terbesar di Indonesia yang kali ini diadakan di Kuningan City Mall Jakarta selama 4 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 8-11 Februari. Acara tahunan yang dikemas secara swakelola oleh Barista Guild Indonesia ini mengambil tajuk “Kolaborasi dan Inovasi Demi Kopi Kebanggaan Negeri.”

Acara tersebut meliputi serangkaian kegiatan compulsory dan kompetisi eliminasi dari beragam kategori seperti IBC (Indonesia Barisa Championship), IBrC (Indonesia Brewers Championship), ILAC (Indonesia Latte Art Championship) dan ICTC (Indonesia Cup Taster Championship). Eliminasi Wilayah Barat memilih para pemain terbaik pada setiap kategori yang selanjutnya akan berlaga pada skala nasional, yang bertempat di Bali (untuk kategori IBC) dan Jakarta (IBrC, ILAC dan ICTC). Sesuai dengan tema yang diusung, semua peserta yang berlaga diharuskan menggunakan kopi Indonesia dalam presentasinya. Founder kami, Arief Said, juga ikut meramaikan acara ini sebagai Head Judge Panel untuk kategori Indonesia Barista Championship (IBC).

photo credit: https://www.instagram.com/baristaguild.id/

 
Bukan hanya itu, ada juga acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para coffee enthusiasts; yaitu Coffee Village. Berlokasi di lantai 4 Kuningan City Mall, Coffee Village tahun ini diisi oleh beragam pelaku industri kopi mulai dari roasters, penyedia alat-alat menyeduh kopi, mesin, merchandise dan masih banyak lagi. Kami pun turut memeriahkan ajang ini dan berkumpul dengan para tenants lain seperti Suji, Smoking Barrels, Q.U.B.E., Juno The Coffee Company, Motherpigeons, Shoot Me In The Head, Ottoman’s, Tobi’s, East Indische Coffee, Pigeonhole dan masih banyak lagi! Seru kan? 

Tahun ini, kami juga mengirimkan dua orang barista Gordi untuk ikut berkompetisi. Mereka adalah Monika Zendrato, yang turun dalam ajang IBrC, serta Guntur Prahara yang turun dalam ajang IBC. Pada hari Minggu, 11 Februari 2018 para pemenang Eliminasi Wilayah Barat untuk setiap kategori akhirnya diumumkan. Mereka yang berhasil lolos ke kompetisi nasional berikutnya adalah: Muhammad Aga – Shoot Me in The Head (IBC), Ryan Wibawa - Starbucks (IBrC), Robby Virlian – St. Ali (ILAC) dan Amal Fathullah – Kopi Pulang (ICTC). Selamat untuk para pemenang!

photo credit: https://www.instagram.com/baristaguild.id/

Kompetisi nasional untuk kategori IBC akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 1-3 Maret 2018, sedangkan kategori IBrC, ILAC, dan ICTC akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 18-20 Juli 2018.

Para pemenang yang lolos pada skala kompetisi nasional ini nantinya berhak menjadi wakil Indonesia di ajang kompetisi kopi internasional. Untuk juara IBC, akan diberangkatkan ke Belanda untuk mengikuti World Barista Championship pada tanggal 20-23 Juni 2018. Untuk pemenang IBrC dan ICTC akan mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional yang akan diadakan pada 16-18 September di Dubai. Semantara untuk juara ILAC, akan menjadi wakil Indonesia di WLAC pada bulan November di Brazil.

Perjalanan untuk dapat membawa nama Indonesia ke ajang internasional masih cukup panjang. Namun, kami yakin hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Tetap semangat, teman-teman! ☺

Inilah sedikit oleh-oleh cerita dari kami tentang Indonesia Coffee Event 2018 – Eliminasi Wilayah Barat akhir pekan lalu. Terima kasih juga kepada para Gordians dan coffee enthusiasts yang akhir pekan lalu menyempatkan mampir ke booth kami dan berbincang seru soal kopi. Bagi Anda yang tidak sempat datang, silahkan cek foto-foto keseruan ajang ini di Facebook Gordi. Jangan lewatkan perhelatan kopi terbesar di Indonesia selanjutnya yang akan diadakan di Bali pada tanggal 1-3 Maret 2018 dan JIExpo Kemayoran, Jakarta pada tanggal 18-20 Juli.



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Updates

Keistimewaan kopi Kenya Kamacharia Peaberry dan Java Bersemi
Keistimewaan kopi Kenya Kamacharia Peaberry dan Java Bersemi

July 04, 2018

Ada yang percaya, kopi peaberry (tidak normal) memberikan karakter rasa yang lebih manis dibandingkan biji kopi flat berry (normal). Bahkan, jika biji kopi ini dihasilkan dari perkebunan yang sama sekali pun. Apa keistimewaan Kenya Kamacharia Peaberry dan Java Bersemi?

Baca Lebih Lanjut

4 Alasan Untuk Menyeduh Kopi Drip Pack
4 Alasan Untuk Menyeduh Kopi Drip Pack

June 25, 2018

Sejak pengiriman kopi berlangganan beberapa waktu yang lalu, kami mulai sering menerima komentar dan pertanyaan seperti: "Kenapa harus drip pack?" atau "Apa bedanya drip pack sama kopi sachet?" atau bahkan "Kalau mau nyeduh kopi beneran mah jangan pake drip pack.

Baca Lebih Lanjut

Proses Pasca-Panen Dalam Kopi
Proses Pasca-Panen Dalam Kopi

June 21, 2018

Dalam setiap gelas kopi yang kita minum ada cerita unik dibaliknya; mulai dari jenis kopinya, asal perkebunannya, pengolah kopinya, proses pasca-panen yang diterapkan, metode sangrainya, hingga akhirnya sampai di kedai kopi kesayangan untuk kita beli dan seduh di rumah. Khusus postingan blog kali ini, kami akan fokus pada pembahasan tentang proses pasca-panen yang dilakukan oleh para prosesor kopi.

Baca Lebih Lanjut