Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
by Ridwan Gustomo

Pada umumnya, kebanyakan orang akan langsung memesan atau membuat secangkir kopi di pagi hari. Ada yang bilang mereka belum bisa fokus jika belum minum kopi bahkan ada juga yang merasa pusing jika tidak segera mencicipi kopi beberapa saat setelah bangun tidur.

Menurut artikel dari The Washington Post, terdapat beberapa manfaat dari secangkir kopi yang baik untuk kesehatan manusia. Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, kopi juga dikenal sebagai pereda stress serta mampu mengurangi resiko penyakit kanker sebanyak 2 hingga 20 persen.

Namun, tahukah Anda kalau waktu untuk menikmati kopi dapat menambah atau bahkan mengurangi manfaat dari kopi tersebut? Menurut riset Steven L. Miller, Ph.D di tahun 2013, menyatakan ternyata ada waktu yang ideal untuk minum kopi.

Terdapat sebuah bagian dalam otak manusia yang disebut suprachiasmatic nucleus (SCN) yang mengatur hormon Kortisol dan berperan untuk mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional. Meminum kopi saat SCN sedang melepaskan hormon Kortisol dapat membatasi efek positif dari kopi tersebut dikarenakan tubuh kita sedang dalam kondisi ‘siap siaga’. Kita dapat mengasumsikan kalau secangkir kopi dipadukan dengan hormone Kortisol dapat mengakibatkan stres yang berlebih dan itu tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda terbiasa bangun jam 6:30 pagi, berarti secara rata-rata hormon Kortisol akan bekerja secara maksimal pada pukul 8–9 pagi, 12–1 siang dan berakhir di 5:30–6:30 sore hari. Lalu kapan seharusnya kita menikmati secangkir kopi? Waktu yang disarankan untuk meminum kopi ternyata adalah antara pukul 9:30–11:30 di pagi hari.

Jika Anda bingung cara mengetahui kapan hormon Kortisol dalam tubuh bekerja, cukup tambahkan 3 jam setelah waktu Anda terbiasa bangun di pagi hari dan silahkan menggunakan tulisan diatas sebagai pedoman ya.




Also in Gordi Blog

Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring
Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk menikmati kopi. Kenikmatan rasa ini biasanya berbanding lurus dengan teknik/metode apa yang digunakan untuk menyeduh kopinya. Bagi home brewers yang suka sekali mengulik kopi, metode/teknik tertentu termasuk saat menuangkan air,...
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder

Fungsi semua grinder (electric atau manual) sebenarnya sama: untuk menggiling biji kopi dan mengubahnya menjadi partikel yang lebih kecil sehingga Anda dapat menyeduh dan menikmati kopinya. Yang membuat pilihan membeli grinder lebih rumit adalah: pakai...

Panduan Origin Kopi: Amerika Tengah dan Selatan
Panduan Origin Kopi: Amerika Tengah dan Selatan

Kali ini kami akan mengulas lanjutan panduan singkat tentang origin atau tempat asal kopi yang khusus berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Sekedar pengingat, jadikan blog ini sebagai panduan umum agar Anda dapat membedakan beberapa karakter...