Panduan Origin Kopi: Amerika Tengah dan Selatan
Panduan Origin Kopi: Amerika Tengah dan Selatan
by Ridwan Gustomo

Bagaimana, Anda sudah mulai bisa membedakan origin kopi yang berbeda dari Afrika?

Kali ini, kami akan mengulas lanjutan panduan singkat tentang origin atau tempat asal kopi yang khusus berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Sekedar pengingat, jadikan blog ini sebagai panduan umum agar Anda dapat membedakan beberapa karakter rasa yang paling utama dari masing-masing origin kopi yang akan kami bahas di sini.

Meksiko

Saat kita menyebut Meksiko, yang umum terbayang adalah bagaimana negara ini mayoritas tanahnya hanya gurun pasir, udaranya panas terik, dan lanskapnya gersang. Jangan salah, ternyata negara ini juga memiliki rain forests seperti di Indonesia, dengan barisan pegunungan yang tinggi dan luas. Menurut Sudden Coffee, saat ini ada 12 negara bagian di Meksiko yang aktif menanam kopi. Namun, sebagian besar hasil kopinya berasal dari Chiapas dan Oaxaca, dikarenakan cuaca pada negara bagian tersebut lebih dingin dan lebih tinggi; iklim yang sangat cocok untuk tanaman arabika. Berbeda dengan negara-negara penghasil kopi di Afrika, kopi dari Amerika Tengah termasuk Meksiko, cenderung berasal dari perkebunan besar milik keluarga yang sudah turun-temurun. Saat ini, Meksiko adalah produsen kopi organik bersertifikat #1 di dunia.

Kopi dari Meksiko dikenal dengan keunikan karakter rasanya yang cenderung sweet earthy dengan notes spices.

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi dari Meksiko diproses secara alami (natural process) dan washed (wet-processed).

Karakter Rasa Umum

  • Low Acidity
  • Heavy-bodied
  • Chocolate, Earth, Spice

Kopi spesialti terbaik dari Meksiko memiliki karakter rasa seperti anggur putih (white wine): dry body namun lembut, ada notes buah-buahan dengan acidic snap di tegukan terakhir. Jika Anda pernah mencoba kopi dari Chiapas, maka Anda akan menemukan kompleksitas dan rasa manis yang serupa dengan kopi dari Guatemala.

Guatemala

Walaupun Guatemala termasuk negara kecil diantara jajaran negara Amerika Tengah, Guatemala adalah salah satu yang memiliki iklim paling beragam di dunia. Sebagian besar perkebunan kopi di Guatemala ini berada di wilayah barat, dimana terdapat barisan gunung berapi aktif yang mendukung kesuburan dan keseimbangan tanahnya. Sejarah perjalanan industri kopi di negara ini sangat panjang dan berliku-liku, dikarenakan politik dan perang sipil yang terjadi antara tahun 1920 hingga 1990an. Meskipun petani kopi di Guatemala masih menghadapi kesulitan ekonomi, industri lokalnya mulai melihat pertumbuhan dan permintaan produksi yang berkelanjutan. Untuk kategori specialty coffee, saat ini Guatemala adalah produsen kopi terbesar ke-10 di dunia dan ke-2 setelah Kolombia.

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi Guetamala diproses secara washed.

Karakter Rasa Umum

  • Crisp Acidity
  • Low-bodied
  • Rich sweetness with notes of Apple, Citrus, Spice, Earth, Floral

 Saat Anda mencoba kopi Guatemala, coba perhatikan kopi tersebut datang dari daerah Guatemala di bagian mana. Kenapa? Karakter rasa dari masing-masing daerah penghasil kopi di Guatemala cukup berbeda. Berikut panduan lengkap yang kami sadur dari Driven Coffee.

  • Antigua: Crisp apple-like acidity, sweet floral notes, dengan rasa coklat yang lekat
  • Huehuetenango: winey acidity, kaya dengan rasa dan rasa manis yang kentara
  • Atitlan: Full-bodied, dengan acidity yang menyenangkan, rich floral aromas, dan complex spice notes
  • Coban: Mild acidity, medium body, dengan rasa buah-buahan manis

 Jangan biarkan lidah Anda penasaran, segera coba Guatemala Santa Felisa hasil sangrai Papa Mama Roastery yang sedang tersedia di Gordi Shop.

Kosta Rika

Di antara negara-negara di Amerika Tengah, Kosta Rika adalah negara pertama yang menghasilkan produksi ekspor kopi dalam skala besar pada tahun 1820an. Sayangnya, walaupun industri kopi di dunia sekarang ini berkembang pesat, negara ini hanya menyumbang sekitar 1% pasokan kopi di dunia. Yang menarik dari negara ini adalah, Kosta Rika memiliki undang-undang ketenagakerjaan yang ketat sehingga negara ini tidak mengalami kesulitan yang dihadapi negara-negara tetangga lainnya soal ekonomi. Karena alasan ini pula, harga kopi Kosta Rika umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan negara-negara di Amerika Tengah lainnya. 

Lebih dari 80% perkebunan kopi di Kosta Rika terletak pada ketinggian antara 800 meter hingga 1,600 meter, dan umumnya memiliki tanah vulkanik yang subur dengan suhu antara 17-28 derajat Celcius. Ohya, tahukah Anda bahwa menanam kopi robusta di negara ini tergolong illegal? Namun, sesuai berita terkini dari Reuters, Kementerian Pertanian di Kosta Rika sudah merumuskan sebuah undang-undang yang akan memperbolehkan semua petani kopi menanam robusta.

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi Kosta Rika diproses secara washed, natural atau honey

Karakter Rasa Umum

  • Bright Acidity
  • Medium-Heavy Body,
  • Clean cup, floral

 Kopi-kopi dari Kosta Rika tergolong unik, dan karakter rasanya berbeda tergantung dari metode pengolahannya. Apa yang akan Anda temukan saat mencoba kopi Kosta Rika? Berikut kami lampirkan penjelasan singkat versi Homegrounds dibawah ini:

 

El Salvador

Perang saudara dan kesulitan ekonomi yang berabad-abad lamanya membuat para petani kopi agak susah beradaptasi untuk mengadopsi varietas tanaman baru. Karena hal ini, El Salvador menjadi salah satu negara yang masih memiliki tanaman kopi kategori varietas lama dan langka. Tidak seperti kebanyakan negara-negara produsen kopi di Amerika Tengah, sekitar 60% kopi yang diproduksi di El Salvador adalah variesta bourbon, yang khas dengan karakteristik rasa yang clean, bright, dan manis dengan aroma jeruk yang kuat. Menurut Coffee Hunter, ada 7 daerah yang khusus menghasilkan produksi specialty coffee di El Salvador.

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi El Savador diproses secara washed, natural, dan honey 

Karakter Rasa Umum

  • Medium Acidity
  • Medium-bodied
  • Red Fruit Earth, Chocolate, Citrus

Sudah pernahkah Anda mencoba kopi dari El Salvador?

Kolombia

Produksi kopi di Kolombia berawal di tahun 1700an, meskipun produksi secara komersil baru benar-benar terjadi di awal tahun 1800an. Lanskap yang beragam dan iklim mikronya menciptakan keragaman karakter rasa, dan, karena Kolombia menanam kopi arabika secara eksklusif, kualitasnya pun terjaga dengan baik. opi dari origin Kolombia terbaik umumnya melambangkan rasa ringan dengan flavor buah-buahan khas Amerika Latin.

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi Kolombia diproses secara washed, namun ada pula sebagian yang diproses secara alami (natural process).

Karakter Rasa Umum

  • Medium-acidity
  • Medium-bodied
  • Citrus, nutty, fruity

Apa yang dapat Anda temukan saat mencoba kopi Kolombia? Kopi medium-bodied dengan crisp acidity, karakter rasa beragam mencakup mulai dari citrus fruits hingga coklat dan kacang. Kopi Kolombia juga pada umumnya dikategorikan sebagai balanced cup.

 

Brazil

Bisa dibilang, Brazil adalah negara Amerika Selatan yang paling berpengaruh dan kuat secara ekonomi dan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Perkebunan kopinya mencakup sekitar 27.000 km2 (atau 10rb meter persegi); dengan produksi kopi Arabika sekitar 74% dan Robusta sekitar 26%. Pada pertengahan tahun 1800an, ketika hama menyerang perkebunan kopi di Asia dan Afrika, Brazil dengan sigapnya mengejar produksi kopinya dalam waktu singkat dan menyumbang 80% produksi kopi di dunia saat itu.

 Brazil juga dikenal karena keragaman genetiknya. Lusinan varietas kopi-kopi baru dan unik banyak ditemukan di negara ini, sehingga Brazil dikenal sebagai tempat penelitian genetika kopi yang utama.

Brazil Coffee

Image source: North Star Coffee Roasters

 

Metode Pengolahan

Sebagian besar kopi Brazil diproses secara washed, natural, honey, pulp-natural.

Karakter Rasa Umum

  • Low acidity
  • Heavy-bodied
  • Gentle sweetness
  • Chocolate, spice, fruit, flowers

Demikian ulasan dan panduan singkat untuk beberapa origin kopi dari Amerika Tengah dan Latin yang bisa Anda temukan di Gordi atau kedai-kedai kopi lainnya.

Jangan lupa bookmark laman ini sebagai panduan Anda saat ingin mencoba kopi-kopi baru dan coba beberapa kopi Amerika Tengah & Selatan yang tersedia di Shop kami ya! :)




Also in Gordi Blog

Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring
Perbedaan Antara Pulse Pouring Dengan Continuous Pouring

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk menikmati kopi. Kenikmatan rasa ini biasanya berbanding lurus dengan teknik/metode apa yang digunakan untuk menyeduh kopinya. Bagi home brewers yang suka sekali mengulik kopi, metode/teknik tertentu termasuk saat menuangkan air,...
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder
Pilih Mana: Conical Burr Grinder vs Flat Burr Grinder

Fungsi semua grinder (electric atau manual) sebenarnya sama: untuk menggiling biji kopi dan mengubahnya menjadi partikel yang lebih kecil sehingga Anda dapat menyeduh dan menikmati kopinya. Yang membuat pilihan membeli grinder lebih rumit adalah: pakai...

Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?

Pada umumnya, kebanyakan orang akan langsung memesan atau membuat secangkir kopi di pagi hari. Ada yang bilang mereka belum bisa fokus jika belum minum kopi bahkan ada juga yang merasa pusing jika tidak segera mencicipi kopi...