Resep Seduh Finca Santa Teresa Batista - Black Package bulan Mei 2018

Resep Seduh Finca Santa Teresa Batista - Black Package bulan Mei 2018

May 21, 2018

Finca Santa Teresa (FST), merupakan sebuah perkebunan yang didirikan oleh keluarga Berard pada tahun 1997. Di tahun 2012, Toby Smith serta Andre Wierzbicki membeli perkebunan ini dengan tujuan ingin memperluas wilayah perkebunan kopi tersebut. Perkebunan FST berada di lokasi yang sangat bagus; dikelilingi tanah pegunungan vulkanis yang sangat subur serta berada di dataran dengan ketinggian 1400-2100mdpl (untuk varietas geisha akan lebih tinggi).

FST Batista beds

Kredit foto: SCAP Panama

Tidak hanya itu, kebun FST ini juga telah mendapat sertifikasi UTZ sejak tahun 2013. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat peduli dengan kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya. Hal ini terbukti dengan komitmen mereka, dimana semua material yang terbuang setelah proses produksi kopi, didaur ulang sebagai pupuk atau bahan bakar alternatif. Mereka juga bekerja sama dengan Casa Esperanza, lembaga pemerhati anak yang fokus pada kesehatan, pendidikan, serta nutrisi anak. Bersama dengan Casa Esperanza, FST membangun sekolah bagi anak-anak yang orang tuanya bekerja di perkebunan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan semangat serta kesadaran akan potensi alam dan lingkungan dimana kopi dapat tumbuh subur.

Dutch Colony Coffee

Kopi istimewa pilihan kami di bulan Mei ini disangrai oleh Dutch Colony Coffee Co. Sebuah nama yang sudah tidak asing lagi, rumah sangrai ini berasal dari Singapura dan telah berdiri sejak tahun 2013. Kualitas merupakan salah satu aspek yang tidak dapat mereka tolerir. Dalam setiap proses sangrai, mereka selalu mengutamakan faktor-faktor lain di luar kualitas kopi itu sendiri. FST ini mereka pilih karena tahun ini, Dutch Colony merayakan hari jadinya yang ke-5. Bukan hanya itu, FST juga merupakan kopi yang memiliki nilai sentimental yang tinggi, karena salah direksi Dutch Colony pernah bekerja untuk Toby Smith, yang merupakan salah satu pemilik dari perkebunan FST ini.

Untuk seduhan istimewa kali ini, Anda dapat mengikuti resep menyeduh yang sudah disediakan oleh tim kurator kami dibawah ini:

Resep Menyeduh
Alat-alat yang kami gunakan adalah sebagai berikut:
• Hario V60 keramic ukuran 02
• Timbangan
• Teko seduh (kettle)
• Coffee Grinder (kami menggunakan Mahlkonig EK43)

Berat biji kopi: 15gr
Berat air untuk menyeduh: 250gr
Yield: 210gr
Total waktu seduh: 3:00
Grind Size: 4.5 pada Mahlkonig EK43
Water: Air mineral 
Suhu air: 94°C
Target Strength (%TDS): 1.45%
Target Ekstraksi (%): 20.30%

Persiapan:
1. Letakkan paper filter pada V60, lalu tempatkan di atas coffee server
2. Bilas (flush) paper filter dengan air panas. Ini akan membilas coffee server secara bersamaan
3. Buang air dari coffee server Anda dan biarkan kering
4. Setelah air mencapai suhu yang diinginkan pada kettle (94°C), timbang dan giling biji kopi lalu masukkan ke dalam V60

Cara menyeduh:
5. Tare timbangan dan siapkan timer
6. Tuang 30gram air, biarkan blooming selama 45 detik
7. Setelah 45 detik, tuang air hingga mencapai 120gr
8. Pada menit 1:15, tuang air hingga mencapai 180gr
9. Pada menit ke 1:45, tuang air hingga mencapai 250gr
10. Jumlah waktu terbaik untuk menyeduh untuk kopi ini adalah antara 2:45 to 3:00 menit

Tasting notes yang akan Anda temukan:
Aroma : teh hitam dengan rasa manis seperti brown sugar
Acidity : Bergamot acidity
Flavor : teh hitam, permen buah (fruit candy) & rasa manis seperti brown sugar
Body : Tea-like body dengan round intensity
Aftertaste : teh hitam

Selamat mencoba! Jika Anda memiliki resep lain yang ingin Anda share, jangan lupa sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya! Untuk mendaftarkan diri Anda, silakan cek laman Black Package di tautan ini



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Updates

Full Washed; Mengulik Cita Rasa Kopi Aceh Gayo Pantan Musara dan Colombia Las Brisas
Full Washed; Mengulik Cita Rasa Kopi Aceh Gayo Pantan Musara dan Colombia Las Brisas

August 14, 2018

Proses pasca panen boleh sama, namun rasa, boleh jadi berbeda. Apa yang menyebabkan keduanya bisa berbeda walaupun menggunakan proses pasca panen yang sama?

Kopi Indonesia yang menjadi primadona tim kurator Gordi pada pengiriman minggu lalu, berasal dari daerah penghasil nanas yang cukup terkenal di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Sebagai sandingan, kopi impor terpilih berasal dari negara yang merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Baca Lebih Lanjut

Apa Arti Roast Level Bagi Peminum Kopi?
Apa Arti Roast Level Bagi Peminum Kopi?

August 01, 2018

Saat Anda membeli biji kopi, apa hal yang pertama kali Anda lihat pada kemasannya? Selain tasting notes dan roast date, pernahkah Anda melihat istilah roast level pada kemasan tersebut? Apa pengaruhnya pada rasa kopi yang Anda seduh?

Baca Lebih Lanjut

Keunikan Ragam Varietas Kopi - Bagian 2
Keunikan Ragam Varietas Kopi - Bagian 2

July 24, 2018

Varietas kopi apa lagi yang pernah Anda dengar, atau bahkan coba? Kali ini kami mengupas sedikit soal varietas Colombia, Ethiopian Heirloom, Gesha, Typica, S288, Catimor, dan Letefoho. Dapatkan Anda menebak, varietas kopi yang saat ini sedang banyak digandrungi pecinta kopi di Indonesia, bahkan dunia?

Baca Lebih Lanjut